Home » » Tips dan Trik, Menulis Karangan dan Mencetak Kedalam Ebook

Tips dan Trik, Menulis Karangan dan Mencetak Kedalam Ebook


Tips dan Trik, Menulis Karangan dan Mencetak Kedalam Ebook
Ebook

Tips dan Trik, Menulis Karangan dan Mencetak Kedalam Ebook

Kali ini tidak seperti biasanya, saya akan membahas Tips dan Trik, Menulis Karangan dan Mencetak Kedalam Ebook. Tentunya anda pernah berpikir untuk membuat sebuah tulisan yang menarik dan ingin mencetaknya dalam bentuk ebook tapi mungkin ada dari kita yang mengalami kesulitan karena tidak tahu bagaimana caranya membuat ebook. Saya akan memberikan tips-tipsnya yang akan bisa membantu anda membuat ebook. 

Supaya tidak bertele-tele kita langsung saja kepembahasan.
Sebelum kita mencetak tulisan kita dalam bentuk ebook pertama kali yang harus kita lakukan adalah menulis. Ya menulis karangan kita, baik dalam bentuk fiksi maupun non fiksi. Terserah mana saja jenis karangan yang kita pilih. Di bawah ini, saya akan memberikan tips yang umum tentang cara membuat artikel yang menarik.

Langkah-langkah umum dalam membuat karangan

1. Menentukan Tema

Tentukan tema atau ide yang menarik untuk memulai sebuah karya tulis. Tema ini bisa anda dapatkan dari sebuah peristiwa atau kejadian yang ada di sekeliling anda dan juga bisa anda dapatkan dari buku dan artikel yang sudah anda baca. Jangan khawatir anda menulis ulang artikel atau buku yang sudah ada, hanya saja tentu tidak boleh persis sama. Tapi ubahlah dengan gaya tulisan anda atau didaur ulang. Usahakan buat tema yang segar dan menarik.

2. Buat Kerangka Tulisan

Langkah kedua membuat kerangka tulisan. Kerangka tulisan ini merupakan konsep atau kalau boleh saya katakan, kerangka ini merupakan penunjuk arah karangan agar tulisan kita tetap sejalan dengan tema yang kita buat dan agar tersusun dengan baik. Jadi, haruslah membuat kerangka karangan mengenai apa yang anda tulis. Susunan kerangka tulisan ini kurang lebih seperti daftar isi sebuah buku.

3. Mencari Bahan atau Informasi

Carilah informasi dari wawancara, bertanya, buku, majalah, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan apa yang ingin anda tulis agar tulisan anda menarik dan berkualitas.

4. Menuangkan Dalam Bentuk Tulisan

Kalau bahan-bahan sudah terkumpul, segeralah anda menulis sesuai dengan tema dan kerangka karangan yang sudah anda buat. Triksnya jangan terburu-buru dan jangan takut salah, tuliskan saja ide anda secara santai. Toh yang anda tulis itu pikiran anda sendiri

5. Editing

Mengedit karangan lakukanlah pada tahap terakhir sebelum karangan kita di publish/sebarkan. Yang sangat penting dilakukan pada tahap ini adalah cermati ejaan-ejaan dan susunan-susunan kalimatnya apa sudah baik atau perlu diperbaiki. Kalau semuanya sudah anda anggap baik, selanjutnya tinggal dicetak dalam bentuk ebook. Oh ya, sebenarnya setelah tahap editing ini selesai kita bisa saja langsung menyebarkannya melalui blog/website atau lainnya.

6. Mencetak Dalam Bentuk Ebook PDF

Setelah semua tahap-tahapan di atas sudah selesai dan baik, tahap selanjutnya adalah mencetaknya dalam bentuk ebook pdf. Banyak softwere yang bisa digunakan untuk mencetak tulisan kita ini ke dalam bentuk ebook pdf. Salah satu yang sering saya gunakan adalah Primo PDF. Softwere ini cukup mudah digunakan, ringan dan hasilnya cukup memuaskan. Disamping itu kita bisa mengunci tulisan kita sehingga tidak bisa diubah oleh pembaca tulisan kita nanti. Untuk mendapatkan softwere ini anda bisa langsung mendownloadnya di Sini. 

Selain Primo PDF ini, kita bisa juga menggunakan word microsoft office 2010 dan atau word microsoft office 2013. Cara menggunakan fasilitas ini di word sebagai berikut. Perhatikan gambar: 
Tips dan Trik, Menulis Karangan dan Mencetak Kedalam Ebook 1
Gambar 1
Tips dan Trik, Menulis Karangan dan Mencetak Kedalam Ebook 2
Gambar 2
Tips dan Trik, Menulis Karangan dan Mencetak Kedalam Ebook 3
Gambar 3

Adapun jika anda mencetaknya dengan Primo PDF caranya sebagai berikut.
Pertama instal softwere pdf yang sudah anda download tadi. Jika sudah terinstal ubah settingan printer propertis anda menjadi printer Primo PDF. Cara memprint filenya seperti biasa sama dengan memprinter dokumen lainnya. Kalau anda mau mengatur ebook anda, seperti pakai pasword, ebook anda bisa diprint atau tidak dan lain-lain langsung buka softwere primonya 
Tips dan Trik, Menulis Karangan dan Mencetak Kedalam Ebook 4
Primo PDF Printer

yang juga perlu dilakukan dalam penulisan sebuah buku adalah memberikan kombinasi warna yang menarik dan tidak berlebihan, memberikan gambar yang secukupnya supaya ukuran file ebook anda tidak terlalu besar, dan tentu saja buat juga covernya dengan menggunakan Photoshop atau kalau mau menggunakan yang lebih praktis gunakan fasilitas cover page yang sudah disediakan microsoft word.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga cukup jelas dan bermanfaat banyak :)
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 3/22/2014

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya.Saya mahu buat ebook yang pertama.

    ReplyDelete