Ekonom Alfred Marshall

Ekonom Alfred Marshall
Alfred Marshall adalah seorang ahli ekonomi yang luar biasa, dia terus mendedikasikan dirinya pada bidang ekonomi sepanjang hayatnya. Dia lahir di Clapham, Inggris, pada tanggal 26 Juli 1842 dan meninggal pada tanggal 13 Juli 1924. Bukunya yang sangat terkenal adalah Principles of Economics (1890).

Alfred Marshall adalah guru besar dalam ilmu ekonomi politik Universitas Cambridge. Dalam membahas masalah sosial ekonomi Marshall mengkombinasikan berbagai bakat seperti kemampuan berfikir logis dan teliti, penguasaan matematika, minat yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat serta semangat berapi-api untuk memperbaiki lembaga-lembaga sosial kemanusiaan.

Marshall memandang kemiskinan sebagai suatu hal yang memprihatinkan dan bermaksud menghilangkannya. Beliau mendukung adanya kepemilikan atas kekayaan secara pribadi. Namun, Marshall menyarankan agar pola pengeluaran untuk konsumsi tidak berlebihan atau tahu membatasi diri untuk hal-hal yang berguna saja, bukan hanya sekedar "Konsumsi Pamer".

Marshall juga memberikan banyak sekali sumbangan pendapat yang orisinil berkenaan dengan Teori Nilai dan Harga. Salah satu contohnya, dia memperkenakan konsep elastisitas permintaan, yaitu besar kecilnya pengaruh atau akibat perubahan harga suatu barang tertentu terhadap permintaan akan barang tersebut. Artinya, permintaan akan suatu barang yang elastis akan jauh berbeda pengaruhnya terhadap penentuan harga dan kebijakan produksi dibandingkan dengan permintaan kurang elastis.

Analisis Marshall juga banyak bicara tentang pendapatan nasional. Beliau membahas tentang bagaimana penentuan pembagian pendapatan menurut andil masing-masing faktor produksi dan bagaimana masing-masing perbandingan dapat diubah.

Ringkasnya, Marshall telah menciptakan suatu suasana universal yang sehat di mana pemikiran setiap orang mendapatkan tempat dan ada perkecualian terhadap setiap hukum ekonomi.
(Sumber: Ekonomi Dunia Keseharian Kita dan Wikipedia)



Comments