Pengukur Gempa Skala Mercalli

Mercalli menggambarkan kekuatan gempa dengan 12 tingkatan. Dasar penentuannya adalah efek geologis (batuan) dan gempa terhadap bangunan-bangunan serta manusia. 

Tabel Skala Mercalli yang telah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.


No

Derajat

Keterangan

1.

I

Getaran tidak dirasakan, kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang.

2.

II

Getaran dirasakan oleh beberapa orang yang sedang istirahat atau berada diatas lantai gedung bertingkat. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

3.

III

Getaran dirasakan nyata dalam rumah, lebih-lebih di rumah tingkat atas. Kendaraan yang sedang berhenti agak bergerak, terasa getaran seakan-akan ada truk lewat. Lamanya dapat ditentukan.

4.

IV

Pada siang hari dirasakan oleh banyak orang dalam rumah, di luar dirasakan oleh beberapa orang. Pada malam hari beberapa orang terbangun. Barang pecah belah, jendela pintu gemerincing, dinding berbunyi karena pecah belah, kacau, seakan-akan truk besar melanggar rumah. Kendaraan yang sedang berhenti bergerak dengan nyata.

5.

V

Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk. Banyak orang terbangun. Beberapa barang pecah belah dan jendela pecah, plester dinding pecah, barang-barang terpelanting, pohon-pohon, tiang-tiang, dan barang besar lainnya tampak bergoyang. Jarum jam dinding dapat berhenti.

6.

VI

Getaran dirasakan oleh semua penduduk, kebanyakan terkejut dan lari keluar,, kadang-kadang meja kursi bergerak, plester dinding jatuh dan cerobong asap di pabrik rusak. Kerusakan ringan.

7.

VII

Tiap-tiap orang keluar rumah. Kerusakan ringan dan sedang pada bangunan yang kuat dan banyak kerusakan pada bangunan yang tidak kuat, cerobong asap pecah. Terasa oleh orang yang naik  kendaraan.

8.

VIII

Kerusakan ringan pada bangunan yang kuat. Banyak kerusaka-kerusakan pada bangunan yang tidak kuat. Dinding dapat lepas dari kerangka rumah, cerobong asap di pabrik-pabrik dan monumen-monumen roboh. Meja kursi terlempar, dan sulit mengemudikan mobil.

9.

IX

Kerusakan pada bangunan-bangunan yang kuat, rangka-rangka rumah menjadi tidak lurus. Rumah tampak agak berpindah dari dasarnya. Pipa-pipa dalam tanah putus.

10.

X

Bangunan dari kayu yang didirikan dengan kuat rusak, rangka rumah lepas dari fondasinya, tanah terbelah, rel melengkung, tanah longsor ditepi sungai dan tanah yang curam.

11.

XI

Bangunan-bangunan hanya sedikit yang berdiri. Jembatan rusak, pipa di dalam tanah tidak bisa dipakai sama sekali, tanah tebelah, rel melengkung sekali.

12.

XII

Hancur sama sekali. Gelombang tampak pada permukaan tanah. Benda-benda terlempar ke udara.

 


Jangan lupa baca juga : Mengukur Gempa Dengan Skala Omori


Comments