Pengertian dan Hukum Penawaran

Pengertian dan Hukum Penawaran
Penawaran (supply) adalah sejumlah barang dan jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga tertentu selama jangka waktu tertentu. Apabila barang yang ditawarkan disambut dengan baik oleh masyarakat maka produsen akan menaikkan harga. Kenaikan harga ini kemudian mendorong produsen untuk menaikkan jumlah hasil produksi yang ditawarkan. Dan sebaliknya ketika harga barang turun maka produsen akan mengurangi jumlah barang yang ditawarkan. Baca juga Hukum Permintaan Terhadap Barang

Hukum Penawaran 

Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan produsen (penjual). Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan produsen (penjual). 

Kesimpulannya: Harga suatu barang berbanding lurus dengan jumlah barang. Hukum penawaran berlaku, jika faktor-faktor lain dianggap tetap (ceteris paribus). Maksudnya faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran itu sendiri. Seperti Harga barang itu sendiri; kemajuan teknologi; biaya produksi; harga baran-barang lain (barang pengganti), perkiraan harga pada masa depan; dan keuntungan yang diharapkan produsen.


Comments