Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi

Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi


Terbatasnya kemampuan sumber daya dalam memuaskan kebutuhan manusia yang tidak terbatas, mendorong setiap orang yang bergerak dalam bidang produksi untuk berpikir dalam memecahkan persoalan tersebut. Di sampain kuantitas atau jumlah hasil produksi yang ditingkatkan, juga yang harus dipikirkan dan lakukan adalah memperbaiki dan meningkatkan mutu atau kualitas hasil prduksi.

Kedua hal ini (kuantitas dan kualitas) sangat penting harus terus dilakukan terutama dalam upaya untuk menghindari kelangkaan hasil produksi. Apalagi pertambahan jumlah manusia terus meningkat yang menyebabkan bertambahnya pula kebutuhan akan barang.

Upaya-upaya apa yang mesti dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produksi ini? Peningkatan kuantitas dan kualitas hasil produksi dapat dilakukan dengan upaya-upaya berikut ini :

a. Intensifikasi

Intensifikasi adalah usaha meningkatkan hasil produksi dengan cara menambah dan/atau memperluas faktor-faktor produksi (sumber daya ekonomi) yang digunakan. Contohnya:
  1. Meningkatkan kualitas tenaga kerja
  2. Memperbaiki cara berproduksi
  3. Peninngkatan jam operasi mesin
  4. Menerapkan panca atau sapta usaha tani dalam bidang pertanian

Panca (lima) usaha tani meliputi :
  • Penggunaan bibit unggul
  • Pengolahan tanah yang baik
  • Penggunaan pupuk yang tepat
  • Pengendalian dan pemberantasan hama atau penyakit tanaman
  • Pengairan atau irigasi

Sedangkan Sapta (tujuh) Usaha tani meiliputi : Panca Usaha Tani ditambah dengan pasca panen dan pemasaran hasil pertanian.

b. Ekstensifikasi

Ekstensifikasi adalah usaha meningkatkan hasil produksi dengan memperluas atau menambah faktor-faktor produksi. Contoh upaya yang dapat dilakukan pada ekstensifikasi produksi ini, sebagai berikut :
  1. Membuka lahan pertanian
  2. Mendirikan pabrik baru atau cabang-cabang pabrik/perusahaan
  3. Penambahan jumlah armada angkutan

c. Diversifikasi

Diversifikasi adalah usaha untuk meningkatkan produksi dengan cara menambah jenis/keanekaragaman hasil produksi. Diversifikasi dilakukan perusahaan bertujuan selain untuk menambah jumlah hasil produksi, juga dimaksudkan untuk meningkatkan keuntungan dan menutup kerugian yang mungkin terjadi apabila salah satu/sebagian hasil produksi ternyata tidak laku di pasar.  Contohnya :
  1. Selain menanam padi, pada lahan yang masih kosong ditanami juga palawija.
  2. Selain menghasilkan kain juga memproduksi pakaian jadi.
  3. Selain memproduksi televisi dibuat pula antena televisi, radio, dan amplifier

d. Rasionalisasi

Rasionalisasi adalah usaha meningkatkan mutu dan hasil produksi dengan cara meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Contoh yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut :
  1. Untuk menghemat tenaga kerja dan efektivitas produksi, maka digunakan tenaga kerja mesin.
  2. Melaksanakan kegiatan produksi dengan menerapkan menejemen yang baik.


Comments