Tentang Neraca Pembayaran (B.P.)

Tentang Neraca Pembayaran (B.P.)

Pengertian Neraca Pembayaran (Balance of Payment.)

Neraca Pembayaran adalah suatu catatan (dokumen) sistematis yang mengihtisarkan seluruh transaksi ekonomi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama masa tertentu (1 tahun). 

Dari pengertian tersebut terdapat dua persoalan, yaitu masalah kependudukan dan masalah transaksi ekonomi. 

Masalah Kependudukan. 

Masalah kependudukan yang dimaksud bukan sama dengan masalah kependudukan untuk menentukan domisili atau tempat tinggal seseorang. Tetapi yang dimaksudkan adalah setiap subyek ekonomi yang memungkinkan terjadinya transaksi ekonomi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Baik yang dilakukan perorangan, swasta, ataupun badan-badan pemerintah. 

Pedoman tentang kependudukan B.P ini sebagai berikut : 

a. Subyek ekonomi yang mewakili suatu negara, harus dianggap resident (penduduk) dari negara yang diwakilinya. 

b. Apabila seseorang tidak mewakili suatu negara, maka dia dianggap sebagai penduduk dari negara mana mereka memiliki tempat tinggal yang tetap atau dimana mereka mempunyai center of interest. Tetapi jika center of interest tidak sama dengan letak tempat tinggalnya yang tetap, maka yang menjadi status kependudukannya adalah kediamannya yang tetap. 

c. Badan-badan perusahaan yang berstatus badan hukum, status kependudukannya mengikuti negara yang mengesahkan akte pendirian badan perusahaan tersebut. Begitu pula dengan anak cabang perusahaan induk yang berada di luar negeri, akan berstatus sebagai penduduk dimana anak cabang perusahaan itu berada. Contohnya: anak cabang perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia, dengan sendirinya menjadi resident Indonesia. 

Masalah Transaksi Ekonomi Internasional 

Transaksi ekonomi internasional adalah semua transaksi yang mengakibatkan berpindahnya hak atau aktiva atau penunaian jasa-jasa dari suatu negara ke negara lain. Sebagaimana pertukaran-pertukaran yang sering kita jumpai sehari-hari, pada transaksi ekonomi internasional pun tidak selamanya disertai dengan pembayaran dari transaksi-transaksi ekonomi yang dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena pertukaran bisa berbentuk barter (in natura), yaitu barang langsung ditukarkan dengan barang lain yang dianggap memiliki nilai sama. 

Arti Balance of Payment Bagi Pemerintah 

a. Memberikan informasi tentang seberapa jauh peranan hubungan ekonomi luar negeri, terhadap perekonomian nasional. 

b. Membantu pemerintah dalam usahanya mengambil dan menentukan kebijakan ekonomi internasional, terutama dalam hubungannya dengan politik moneter dan politik fiskal, agar sejalan dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.


Comments