Tahukah Kamu Apa itu Pasar Abstrak?

Di pasar sehari-hari kita menjumpai banyak orang saling bertemu dan berinteraksi satu sama lain. Penjual memajang dan memamerkan barang dagangannya untuk menarik minat pembeli. Seorang ibu, seorang nenek dan seorang anak menawar barang dagangan yang sengaja dipajang untuk diperdagangkan. Setelah dicapai kesepakatan tawar menawar maka barang dagangan tersebut berpindah secara langsung dari pedagang kepada pembeli. Peristiwa ini merupakan gambaran kegiatan pada pasar konkret (nyata) masuknya barang dagangan dapat dilihat dan disentuh secara nyata atau langsung. 

Tahukah Kamu Apa itu Pasar Abstrak?
Pasar abstrak berbeda dengan pasar konkret ini. Walaupun wujud barang yang dijual ada pada saat barang telah diterima oleh pembeli, namun pada saat penawaran wujud barang secara fisik tidak nyata, hanya berupa sampel atau contoh saja yang terdapat pada brosur, foto, reflika dan lain-lain. 

Pasar Abstrak ini muncul dan berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi telekomunikasi dan transportasi. Telekomunikasi (termasuk internet) dan transportasi memungkinkan terjadinya transaksi jual beli walaupun terdapat perbedaan jarak tempat tinggal yang sangat jauh sekalipun. Sehingga pada dewasa ini para konsumen lebih senang dan merasa nyaman berbelanja lewat pasar abstrak ini. Setelah beres pembayaran tinggal tunggu di rumah tibanya barang yang telah dibayar. 

Ada beberapa macam jenis pasar abstrak ini selain apa yang kita gambarkan tadi. Pasar Abstrak meliputi:

1. Pasar uang, pasar yang memperjualbelikan surat-surat berharga yang mempunyai jangka waktu kurang dari satu tahun.
2. Bursa valuta asing, tempat untuk memperoleh informasi mengenai keadaan pasar valuta asing dan juga informasi tentang kurs-kurs uang asing.
3. Pasar modal atau bursa efek, tempat memperjualbelikan dana-dana jangka panjang, seperti obligasi, saham, dan surat-surat berharga lainnya.
4. Bursa tenaga kerja, tempat bertemunya pencari kerja dan pihak yang membutuhkan tenaga kerja.
5. Bursa komoditi, tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang dagangan yang laku di pasar dunia. 

Kesimpulan :

Jadi berdasarkan gambaran-gambaran di atas tadi, yang dimaksud dengan pasar abstrak adalah pasar yang memperjualbelikan barang yang secara fisik tidak terlihat nyata (hanya berupa contoh atau sampel)
Silahkan baca juga : Mengenal Tentang Pasar.


Comments