Home » » Mengenal Tentang Pasar

Mengenal Tentang Pasar


Mengenal Tentang Pasar
Pasar, apakah yang ada dalam pikiran kalian jika mendengar kata pasar disebutkan? tentu hal pertama kali yang terlintas didalam benak adlah tenpat berkumpulnya orang ramai, tempat orang berjual beli, berarti banyak orang, banyak barang dan tentu banyak uang.

Lalu pengertian pasar itu apa?


Pasar secara sederhana diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Sekarng kita lihat apakah sepenuhnya betul pengertian pasar tersebut? Bisakah terjadi transaksi jual beli jika pembeli dan penjual tidak bertemu langsung?

Dengan menjawab pertanyaan tadi, maka kita tahu bahwa pengertian pasar pada jaman sekarang tidak sesederhana tadi. Kita tahu, dengan kemajuan tekhnologi pada masa sekarang, transaksi jual beli bisa dilakukan melalui percakapan telepon dan juga melalui internet, yang tidak menuntut terjadinya pertemuan secara langsung antara kedua belah pihak yang bertransaksi. Dalam proses pembentukan pasar tidak hanya dibutuhkan adanya penjual dan pembeli saja, tetapi juga harus tersedia barang yang akan diperjualbelikan serta adanya kesekatan antara penjual dan pembeli.

Jadi syarat-syarat terjadinya (pembentukan) pasar itu ada empat unsur:
1. Ada penjual
2. Ada pembeli
3. Ada barang yang ditawarkan/ diperjualbelikan
4. Ada kesepakatan dalam jual beli.

Berdasarkan uraian tadi dan melihat unsur-unsur pasar tadi, maka sekarang kita bisa mendefinisikan pasar yang sebenarnya untuk jaman sekarang. Jadi pengertian pasar adalah sarana atau tempat bertemunya pembeli dan penjual, baik pertemuan secara langsung maupun tidak lansung (melalui media telepon, internet dan sebagainya) untuk melakukan kegiatan/transaksi jual beli, yang akan berdampak pada terjadi atau tidaknya kesepakatan antara dua belah pihak.

Pasar sangat dominan dalam kegiatan ekonomi. Karena pasarlah maka barang produksi dapat sampai dan dinikmati oleh masyarakat dalam hal ini konsumen. Dapat kita bayangkan bagaimana sulitnya kita bisa mendapatkan barang yang kita butuhkan kalau tidak ada pasar. Apalagi kalau diingat jarak kita cukup jauh dengan produsen yang memproduksi barang tersebut. Hal ysng sama juga dirasakan oleh produsen dalam menjual barang atau hasil produksinya, tentu mereka mengeluarkan tenaga dan biaya yang cukup besar untuk mendatangi para pembeli dari rumah ke rumah. Berdasarkan pada kenyataan inilah peranan atau fungsi pasar itu sangat penting dalam kegiatan ekonomi.

Fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

1. Fungsi Distribusi
 yakni berfungsi untuk mendekatkan jarak produsen dan konsumen dalam melakukan transaksi jual beli. Produsen tinggal melepas barangnya di pasar-pasar, di warung-warung dan di toko-toko untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen.

2. Fungsi Pembentukan Harga
Pembetukan harga ini timbul setelah adanya tawar menawar dalam transaksi jual beli. Dari sini akan terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.

3. Fungsi Promosi
Pasar dijadikan sebagai tempat yang paling baik untuk memperkenalkan atau mempromosikan barang-barang produksi. Karena pasar setiap harinya banyak didatangi oleh calon pembeli (konsumen). Setiap sudut pasar bisa dijadikan tempat promosi yang sangat strategis dengan memasang spanduk, pamplet, poster dan bilboard.


Cukup sampai di sini dulu. Semoga artikel ini sangat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya :)
Wasalam
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 12/20/2013

0 komentar:

Post a Comment