Ciri-Ciri Negara Maju

Berikut ini akan kita utarakan ciri-ciri suatu negara dianggap sebagai negara maju. Sebagaimana yang pernah kita singgung sebelumnya pada pembahasan negara maju beberapa waktu yang lalu, arti negara maju adalah negara-negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.

Ciri-Ciri Negara Maju

Kemarin juga kita sudah membahas tentang indikator apa saja yang membedakan antara negara berkembang dan negara maju dalam artikel kita "Indikator Negara Berkembang dan Negara Maju". Perlu kita cermati di sini bahwa indikator-indikator tersebut merupakan bagian dari karakteristik negara berkembang dan negara maju. (Silahkan baca juga ciri-ciri negara berkembang)

Ciri-ciri negara maju yang akan kita sebutkan di sini, kita tinjau berdasarkan dua segi yakni : segi pendapatan ekonomi dan segi dari kualitas penduduknya. Untuk lebih jelasnya mari simak uraian berikut ini.

1. Segi Ekonomi (Pendapatan per kapita)

Pertumbuhan ekonomi pada negara maju sangat pesat. Tingginya pertumbuhan ekonomi ini dapat dilihat dari pertumbuhan industri yang sangat maju. Hal ini juga berdampak pada jenis pekerjaan penduduknya. Sebagian besar penduduk negara maju bekerja pada sektor industri dan jasa. Pendapatan perkapita penduduknya tinggi di atas 10.000 dollar US per tahun. Lihat gambar di atas!

2. Segi Kualitas Penduduk

Kualitas penduduk  dapat diukur dari : 
  • Tingkat pendidikan. Tingkat pendidikan masyarakat di negara maju pada umumnya tinggi. Begitu pula dalam hal penguasaan ilmu dan teknologi. Karena sumber daya manusia yang berkualitas ini, negara maju mampu mengelola sumberdaya alam secara optimal.
  • Tingkat produktivitas. Produktivitas per tenaga kerja didapat dengan cara menentukan jumlah seluruh produksi satu tahun dibagi dengan seluruh jumlah angkatan kerja. Masyarakat di negara maju kebanyakan bekerja disektor industri dan jasa sehingga mereka memiliki tingkat produktivitas yang sangat tinggi.
  • Tingkat pertumbuhan penduduk. Di negara-negara maju tingkat pertumbuhan penduduknya sangat rendah yaitu di bawah  1% setahun. Hal ini disebabkan pemerintah sudah mampu mengontrol dengan baik angka kelahiran dan angka kematian dan sebagian besar pasangan berstatus nikah sudah menggunakan alat kontrasepsi.
  • Tingkat pengangguran semu. Berbeda dengan negara berkembang, di negara maju tidak terjadi pengangguran semu (pengangguran tidak kentara). Hal ini disebabkan karena lapangan pekerjaan cukup tersedia, di bidang industri, penggunaan tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya sehingga lebih profesional dan efisien.
  • Produk utama. Produk utamanya adalah barang-barang sekunder (manufaktur) dan tersier (jasa). Ekspor utamanya terdiri dari barang-barang buatan pabrik, seperti mesin-mesin, elektronik, bahan-bahan kimia, serta jasa.
Demikian saja pembahasan kita tentang "Ciri-Ciri Negara Maju" semoga ada manfaatnya dan terima kasih atas kunjungannya. Jangan lewatkan untuk berkunjung terus di blog ini. Salam.
 




Comments