Hilangkan Rasa Frustasi Anda Dengan Cepat

Terkadang dalam kehidupan sehari-hari Anda menemukan seseorang yang berbicara atau melakukan sesuatu yang sangat provokatif. Dan hal ini membuat Anda menjadi frustasi. Para ahli mengatakan, Frustasi merupakan tanggapan dari kinesthetic terhadap realita bahwa ketahanan mental telah hancur  berantakan. Inilah yang menyebabkan Anda cepat marah, tersinggung dan jengkel.

Hilangkan Rasa Frustasi Anda Dengan Cepat

Rasa frustasi ini dapat Anda hindari dengan cara mengembangkan keterampilan menemukan realita dengan amat cepat dan mengajarkan pada diri sendiri agar segera mengadakan perubahan ketahanan mental, bila lingkungan berbeda dengan yang diharapkan. (Karl Albrecht)

Untuk beberapa detik, beberapa jam atau beberapa hari bila Anda menjadi frustasi, Anda kedapatan tidak mampu menerima realita yang telah terjadi. Seseorang mengingkari janji, ada orang yang bertindak tidak adil atau tidak jujur, barang yang dibeli tidak sesuai dengan kehendak hati, mobil mogok di tengah, Anda tertinggal pesawat terbang, dan sebagainya. Dalam situasi begini, Anda jengkel dan ingin menangis: “kok begini! kok bisa begini!” Apa yang sebenarnya Anda maksud adalah “saya tak mau menerima kondisi begini”.

Lebih lanjut Karl Albrecht mengatakan, jika Anda terlalu sering mengalami reaksi semacam itu (di atas), coba buat daftar inventaris secara tertulis tentang peristiwa eksternal yang biasanya merendahkan seperti bodoh, tolol, seharusnya,  dan lain-lain yang khususnya menjengkelkan Anda. Dengan mempelajari daftar tersebut, Anda bisa menemukan lebih banyak pola reaksi pengacau dan menentukan cara mana yang ampuh untuk mengusirnya. Dengan memikirkan reaksi semacam itu dalam keheningan, Anda bisa mulai mencegah sebelum timbul.




Comments