Materi Lengkap Lingkungan Hidup

Materi Lengkap Lingkungan Hidup. Perubahan cuaca yang ekstrim, pemanasan global, kebakaran hutan, banjir bandang dan rusaknya ekosistem kerapkali menjadi suatu pemberitaan yang tiada hentinya. Akibat semua peristiwa ini tidak hanya mengakibatkan kerugian secara materil tetapi bahkan juga membutuhkan korban jiwa. Suatu peristiwa pasti ada penyebabnya. Apakah pertanda semua ini adalah karena lingkungan yang sudah tidak bersahabat dengan manusia? Kalau jawabannya YA, berarti masalahnya bukan hanya pada alam itu sendiri, tetapi masalahnya juga ada pada manusia. Itu karena manusia tidak lagi baik dan ramah di dalam memanfaatkan lingkungan hidupnya.

Materi Lengkap Lingkungan Hidup
Lingkungan hidup merupakan lingkungan di mana kita bertempat tinggal di dalamnya. banyak unsur yang menyusun lingkungan hidup yang saling mendukung dan mengikat satu dengan yang lainnya. Unsur biotik seperti manusia, hewan dan tumbuhan merupakan satu kesatuan yang membentuk rantai makanan. Tidak bisa dibayangkan salah satu dari rantai makanan ini punah atau terputus akan berakibat kepada terganggunya kelangsungan hidup bagi keseluruhan makhluk hidup.

Unsur abiotik seperti air dan udara harus tetap tersedia dan terjaga kebersihannya. Air yang tercemar limbah dan dan udara yang berpolusi juga menyebabkan makhluk hidup tidak dapat melanjutkan hidupnya dengan baik. Untuk sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama, tidak saja pemerintah untuk selalu peduli dan menjaga lingkungan hidup di sekitar kita masing-masing.

Pada postingan-postingan sebelumnya di blog Azanul Ahyan ini, sudah banyak kita bahas tentang lingkungan hidup dan permasalahannya ini. Bagi pembaca yang budiman silahkan bisa menelusurinya lewat link-link di bawah ini atau dengan cara meng-copy judul artikel di bawah ini kemudian menempelnya di kotak pencarian pada blog ini.
  • Lingkungan Hidup
  • Arti Penting Lingkungan Hidup
  • Kerusakan Lingkungan Hidup
  • Permasalahan Lingkungan Hidup dan Pemecahannya
  • Kerusakan Lingkungan Hidup karena Prose Alam
  • Kerusakan Lingkungan karena Aktivitas Manusia
  • Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup
  • Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan

Demikianlah semoga materi yang telah kita baca tadi dapat menggugah kesadaran kita bersama tentang pentingnya lingkungan hidup bagi kelangsungan hidup kita, dan kemudian bersama-sama mau peduli dan menjaga kelestarian lingkungan hidup kita masing-masing. Karena manfaatnya bukan hanya untuk kita sekarang tetapi manfaatnnya terutama dapat dirasakan oleh generasi-generasi selanjutnya yakni anak-anak cucu kita. Amin.



Comments