Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
Berikut ini, saya sajikan tabel tahap-tahap siklus dalam kehidupan keluarga dan apa saja konsumsi yang dilakukan pada setiap tahapan dari siklus tersebut. Ini penting bagi strategi pemasaran yang mungkin Anda lakukan!
Tahap-tahap dalam siklus kehidupan keluarga
|
Karekteristik
Umum
|
Pembelian yang mungkin dilakukan
|
Tahap bujangan, muda, sendirian tidak tinggal di rumah
|
Beberapa beban keuangan. Pelopor mode. Berorientasi pada
rekreasi
|
Peralatan pokok untuk dapur, perabot pokok, mobil,
peralatan untuk kawin, piknik.
|
Sepasang pengantin baru: muda dan belum mempunyai anak.
|
Segi
keuangan lebih baik. Tingkat pembelian tertinggi dan pembelian rata-rata
tertinggi untuk barang tahan lama.
|
Mobil,
almari es, kompor, mebel yang pantas dan awet. Piknik/rekreasi.
|
Sarang penuh I : suami-isteri masih muda dengan anak di
bawah 6 tahun.
|
Kekayaan yang liquid sangat sedikit. Tidak puas dengan
keadaan keuangan dan jumlah uang yang ditabung. Tertarik pada produk baru. Menyukai
produk yang diiklankan.
|
Alat pencuci, televisi, makanan bayi, obat-obatan,
vitamin, boneka, mainan anak-anak.
|
Sarang penuh II : suami-isteri masih muda dengan anak
berumur 6 tahun atau lebih.
|
Keadaan
keuangan lebih baik. Beberapa isteri bekerja. Kurang terpengaruh pada
periklanan. Pembelian lebih besar.
|
Makanan,
sepeda, bahan pembersih, pelajaran musik, alat musik.
|
Sarang penuh III : suami-isteri masih muda dengan anak sudah
besar.
|
Keadaan keuangan masih lebih baik. Beberapa istri bekerja.
Beberapa anak memperoleh pekerjaan. Sulit untuk mempengaruhi dengan
periklanan. Pembelian rata-rata tinggi untuk barang tahan lama.
|
Mebel yang baru dan lebih menyenangkan, berpergian dengan
mobil, majalah, perawatan gigi.
|
Sarang kosong I : suami-isteri, anak-anak sudah tidak ada
yang tinggal bersama mereka, karyawan senior.
|
Puas
dengan keadaan keuangan dan uang yang ditabung. Tertarik untuk berpergian,
rekreasi. Pemberian sumbangan, hadiah. Tidak tertarik pada produk baru.
|
Rekreasi,
barang-barang mewah, perbaikan rumah.
|
Sarang kosong II : suami-isteri, anak-anak sudah tidak
ada yang tinggal bersama mereka, pensiunan.
|
Penghasilan jauh berkurang.
|
Perawatan kesehatan, produk yang membantu kesehatan.
|
Seorang diri sebagai janda atau duda.
|
Penghasilan
jauh berkurang dan menginginkan perhatian yang lebih besar.
|
Sama
seperti kelompok pensiunan.
|
Sumber : Buku Azas-Azas Marketing. Basu
Swastha. Liberty Yogyakarta.
Labels:
Dunia Ekonomi
Thanks for reading TABEL TAHAP-TAHAP SIKLUS DALAM KEHIDUPAN KELUARGA . Please share...!
0 Comment for "TABEL TAHAP-TAHAP SIKLUS DALAM KEHIDUPAN KELUARGA "