TENAGA ENDOGEN VULKANISME

TENAGA ENDOGEN VULKANISME

TENAGA ENDOGEN VULKANISME

 
Vulkanisme merupakan bagian dari tenaga endogen bumi. Tenaga endogen ini mempengaruhi struktur pembentukan bumi dari dalam. Sebagaimana kita ketahui, selain vulkanisme, tenaga endogen masih ada dua lagi, yaitu diastropisme atau biasa disebut dengan gerak tektonik dan yang terakhir adalah seisme.

Vulkanisme berhubungan dengan segala aktivitas gunung berapi, yang bersumber pada magma yang terdapat pada perut atau kawah gunung berapi, baik tidak atau keluar kulit bumi. Atau dengan kata lain VULKANISME adalah semua gejala atau gerak yang berhubungan dengan naiknya magma, baik di dalam maupun ke luar bumi. Aktivitas gunung berapi akan memicu terjadinya seisme atau gempa bumi vulkanik.

Magma adalah cairan yang memijar dan bersuhu tinggi, suhunya antara 1000⁰c - 1200⁰c yang terdapat di dalam bumi. Magma terbentuk pada kerak bumi bagian bawah di kedalaman 60 – 100 km ke bawah permukaan bumi. Proses pembentukan magma terus berlangsung di dalam perut bumi, sebagian magma mendingin dan mengeras di dalam lapisan kerak bumi dan disebut kerak magma. Pendinginan magma akan membentuk batuan bumi.

Batuan magma adalah bahan dasar yang pertama-tama membentuk permukaan bumi. Batuan petama di bumi adalah batuan api yang terbentuk pada saat suhu bumi mendingin.

Magma terdiri atas berbagai macam unsur gas dan mineral cair yang sangat panas dan memijar, kerena beberapa unsurnya  (unsur pembentuknya) telah mencapai titik lebur. Suhu yang sangat panas dari magma (dapur magma) mengeluarkan tenaga panas yang menyebabkan tekanan atau desakan sehingga magma selalu berusaha mencari jalan keluar melalui celah-celah batuan yang retak, patah.

Magma yang sudah sampai kepermukaan bumi disebut lava. Ada juga magma yang membeku di dalam perjalanannya menuju permukaan bumi sehingga tidak sampai permukaan permukaan bumi, ini disebut Intrusi magma. Magma yang sampai kepermukaan bumi akan membentuk gunung berapi. Gunung berapi terjadi oleh penumpukan material lepas dan lava.

Secara umum aktivitas vulkanik ini, dibedakan menjadi 2, yaitu:
  1. Intrusi Magma. Yakni magma yang menerobos lapisan batuan di atasnya tetapi membeku sebelum sampai ke permukaan bumi. Inilah yang kemudian mendingin dan membeku menjadi berbagai macam bentuk batuan.
  2. Ekstrusi atau Erupsi Magma. Yaitu peristiwa penyusupan magma hingga keluar permukaan bumi dan mengakibatkan terbentuknya gunung api.
Jangan lupa baca juga : TENAGA GEOLOGI

 



Comments

  1. Lumayan Lengkap nih!

    Kunjungi Blog Kategori Pendidikan membahas tentang ini lebih lengkap.
    http://www.ebookisg.com/2016/07/tenaga-endogen-vulkanisme-dan-dampaknya.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk kehadiran dan komentarnya. Ok sob. Segera meluncur ke lokasi.

      Delete

Post a Comment