Peran Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Ekonomi

Peran Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Ekonomi
Peti kemas ekspor-impor

Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Ekonomi


Masyarakat luar negeri adalah orang atau badan usaha yang berada di luar negeri. Masyarakat luar negeri merupakan salah satu pelaku ekonomi yang ikut terlibat langsung dalam suatu sistem perekonomian suatu negara melalui perdagangan internasional.

Baca: Penjelasan Pengertian Sistem Ekonomi.

Perdagangan internasional dilakukan melalui kegiatan ekspor dan impor barang.


Barang-barang ekspor adalah barang-barang yang diperdagangkan dan dibutuhkan pada pasar-pasar negara tujuan. Begitu pula sebaliknya barang yang masuk ke pasaran Indonesia melalui impor juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam negeri.

Baca juga: Kerja sama Ekonomi Internasional

Dengan demikian masyarakat luar negeri juga terlibat sebagai pelaku ekonomi yakni dalam perannya sebagai konsumen dan produsen.

Sebagai konsumen, masyarakat luar negeri membutuhkan dan membeli produk-produk yang dihasilkan dan diimpor dari rumah tangga-rumah tangga produsen di Indonesia. Seperti tekstil, garmen, minyak bumi, hasil hutan, pesawat penumpang, persenjataan dan lain sebagainya.

Sebalikinya bagai RTP yang ada di Indonesia melakukan ekspor produknya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luar negeri tadi.

Sebagai produsen, masyarakat luar negeri juga menjual hasil produknya ke pasaran Indonesia melalui ekspor. Ekspor dari RTP asing ini terjadi karena adanya permintaan dari orang atau badan usaha yang ada di Indonesia. Orang atau badan usaha baik RTK, RTP, atau pun Pemerintah yang ada di Indonesia kemudian membeli atau mengimpor barang-barang tersebut.

Uraian di atas adalah ilustrasi terjadinya interaksi antarnegara melalui perdagangan internasional yang terdiri dari kegiatan ekspor-impor.

Contoh lain dari kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat luar negeri dalam hal ini peran mereka sebagai konsumen adalah sebagai berikut:

Di samping kegiatan impor barang tadi, termasuk juga dalam kegiatan ekonomi (konsumsi) yang dilakukan oleh mereka ini adalah mendatangkan para tenaga kerja dari Indonesia ke negara mereka dan menjadi wisatawan (turis) untuk menikmati keindahan panorama alam di Indonesia.

Ketika mereka datang ke Indonesia secara tidak langsung orang-orang asing ini akan menggunakan fasilitas-fasilitas di dalam negeri seperti bandara, perbankan, perhotelan dan sebagainya.

Sedangkan contoh masyarakat luar negeri sebagai produsen, antara lain:

Memproduksi barang dan mengekspornya, termasuk juga kegiatan produksi tenaga-tenaga ahli asing yang bekerja di Indonesia untuk mengolah sumber daya alam dan perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di dalam negeri.

Peran penting lain dari masyarakat luar negeri adalah sebagai berikut:



  1. Melakukan kegiatan penanaman modal (investasi) di Indonesia. Banyaknya investor yang menanam modal ke dalam negeri berarti akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
  2. Memberikan bantuan dana berupa hibah ketika Indonesia tertimpa bencana alam
  3. Menampung tenaga kerja. Ini artinya lini usaha yang dibangun dan dioperasikan di Indonesia akan menyerap banyak tenaga kerja Indonesia sehingga bisa mengurangi masalah ketenagakerjaan.
Jangan lewatkan juga Peran Rumah Tangga Produsen.


Itulah penjelasan global dan beberapa contoh dari peran masyarakat luar negeri sebagai pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian suatu negara seperti di Indonesia. Terima kasih.
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Peran Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Ekonomi. Please share...!

0 Comment for "Peran Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Ekonomi"

Back To Top