Air Tanah dan Pemanfaatannya

Air Tanah dan Pemanfaatannya

Air Tanah adalah air yang tersimpan di dalam tanah yakni yang berada dalam pori-pori atau celah-celah batuan dari air hujan yang meresap ke dalam tanah (infiltrasi) dan berkumpul pada suatu lapisan batuan yang tidak dapat ditembus oleh air (impermeable).

Lawan kata dari lapisan impermeable adalah lapisan permeable (permiabel) yaitu lapisan batuan yang dapat dengan mudah dilalui oleh air tanah, seperti lapisan tanah yang terbentuk dari pasir atau kerikil.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi banyak dan sedikitnya jumlah air yang tersimpan di dalam tanah, antara lain adalah volume air tanah, iklim, topografi, dan jenis batuan.

Sedangkan lapisan batuan yang mengandung air disebut dengan aquifer, yang macamnya dapat dibeda-bedakan sebagai berikut:
  1. Aquifer bebas (water table) adalah tekanan air sama dengan tekanan atmosfer.
  2. Aquifer tertekan, adalah tekanan air tanah jauh lebih besar daripada tekanan atmosfer sehingga air memancar keluar yang disebut sumur artesis.
  3. Aquifer semi tertekan, adalah lapisan batuannya jenuh air, lapisan atas tanah semi lolos air, dan lapisan bawahnya kedap air.
  4. Aquifer semi bebas, adalah aquifer bagian atasnya terdiri atas material berbutir halus.
Dilihat dari letaknya, air tanah dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

1. Air tanah dangkal (air tanah freatis).

Air tanah yang berada di antara muka bumi hingga lapisan kedap air (impermiabel) dinamakan air tanah dangkal atau air tanah bebas. Air tanah ini berasal dari air hujan. Dengan kata lain air tanah yang terdapat di atas lapisan tanah kedap air. Jenis air tanah dangkal ini akan mudah menguap dan berkurang ketika timbul musim kemarau. Contohnya air sumur, sumber air, dan mata air.

2. Air tanah dalam (air tanah artesis).

Air tanah dalam terletak di antara dua lapisan impermeabel (kedap air). Jadi air tanah dalam, artinya air tanah yang terdapat pada lapisan aquifer atau lapisan yang mengandung air di antara dua lapisan batuan kedap air. 

Tempat resapan air tanah dalam adalah di lereng-lereng gunung yang tinggi. Sebagai contoh resapan air bagi sumur artesis Kota Jakarta adalah daerah Puncak (Bogor). Resapan air bagi sumur artesis Kota Manado adalah daerah pegunungan di sebelah selatan Kota Manado. Sumber air untuk sumur artesis tidak terpengaruh oleh musim penghujan atau musim kemarau. Pada masa sekarang, pemanfaatan air dalam dapat dilakukan dengan membuat air sumur bor yang sangat dalam walaupun di daerah dataran rendah.

Pemanfaatan Air Tanah

Air tanah mempunyai manfaat yang sangat vital bagi kelangsungan hidup makhluk hidup, khususnya manusia. Selain dimanfaatkan sebagai sumber air minum, mandi, dan keperluan rumah tangga lainnya dengan membuat sumur, air tanah juga menjadi sumber atau mata air bagi aliran sungai, yang juga sangat penting bagi kehidupan, sumber tenaga (listrik), dan sebagai usaha peternakan dan pertanian.

Terima kasih anda telah membaca artikel ‘Air Tanah dan Pemanfaatannya’, dan ikuti terus artikel-artikel terbaru dari blog ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Comments