Latar Belakang Munculnya Organisasi Islam Indonesia

Latar Belakang Munculnya Organisasi Islam Indonesia




Munculnya organisasi Islam pada masa awal-awal pergerakan nasional di Indonesia, tidak terlepas dari pengaruh pergerakan Islam yang terjadi di Asia Barat.


Pada akhir abad ke- 19 muncul gerakan reformasi di negara-negara Islam Asia Barat. Gerakan ini ingin mencari nilai-nilai yang dianggap sesuai dengan perkembangan zaman. Reformasi Islam tersebut menjadi gerakan emansipasi keagamaan yang bercita-cita menjalankan Islam sesuai dengan ajaran aslinya dan menginginkan agama Islam dihargai sepenuhnya oleh pihak Barat. Akibatnya, nasionalisme berdasarkan keagamaan ini meluas ke seluruh negara-negara Islam, termasuk pengaruh ini masuk ke Indonesia.

Gerakan reformis Islam di Asia Barat inilah kemudian menjadi ide dan landasan berpikir para tokoh Islamis Indonesia untuk membentuk gerakan yang serupa dengan bermunculannya organisasi-organisasi Islam di Nusantara.

Organisasi Islam yang muncul pada waktu itu adalah Muhammadiah, didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan, pada tanggal 18 November 1912. Di Jakarta berdiri Al-Irsyad oleh Syekh Ahmad Surkati pada bulan September 1913. Kemudian di Minangkabau lahir Sumatra Thawalib di tahun 1918. Di samping itu muncul pula organisasi Jong Islamieten Bond (JIB), Pemuda Muslim Indonesia, Anshor Nahdatul Ulama, Pemuda Muhammadiyah dan lain-lain.

Di Indonesia organisasi-organisasi Keislaman ini juga digunakan sebagai senjata ampuh pada masa pergerakan nasional guna membangkitkan semangat jihad dan nasionalisme yang tinggi dalam menghadapi kesewenang-wenangan kolonial. Dan memang sudah terbukti dalam sejarah Indonesia, bahwa para tokoh dan anggota organisasi-organisasi Islam ini memiliki peranan yang sangat besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.


Comments