Pengaruh Lokasi terhadap Transportasi Udara

Pengaruh Lokasi terhadap Transportasi Udara

Pengaruh Lokasi terhadap Transportasi Udara - Kondisi lokasi geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dan kadang terpisah jauh, memungkinkan berbagai transportasi berkembang dengan pesat di negara kita ini. Transportasi udara merupakan salah satu sarana mobilitas manusia dan angkutan barang ke berbagai wilayah Indonesia, selain transportasi darat dan air. Dibandingkan dengan dua jenis transportasi yang lain, sarana ini dapat menempuh jarak yang sangat panjang dalam waktu yang singkat, lebih pesawat-pesawat terbang jet pada zaman sekarang yang kecepatannya bahkan ada yang melebihi kecepatan suara. Kemajuan teknologi menyebabkan perkembangan teknologi transportasi semakin canggih . Dengan teknologi yang semakin canggih ini, manusia dapat mengangkut manusia dan barang dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat. Dengan dibantu kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, manusia juga dapat melakukan pertukaran barang dan jasa dalam jumlah yang besar dengan cepat.


Di Indonesia pada saat ini transportasi udara berkembang dengan pesat. Mobilitas penduduk antar pulau di Indonesia yang padat dan membutuhkan waktu yang cepat menyebabkan industri ini tumbuh dengan pesat. Sekarang kita lihat banyak maskapai-maskapai penerbangan baik nasional maupun asing bergerak di bidang jasa transportasi udara ini. Bandara-bandara internasional dengan kapasitas besar dan lengkap sudah mulai bertebaran di beberapa tempat di Indonesia menggantikan bandara-bandara kecil yang ada sebelumnya. Contoh: Bandara Internasional Lombok (BIL) merupakan bandara internasional kebanggaan masyarakat Lombok yang menggantikan bandara Selaparang. Artinya mobilitas penduduk tidak hanya antar pulau di Indonesia saja, tetapi sudah sampai manca negara.

Kemajuan transportasi udara ini tentu saja akan berimbas kepada pertumbuhan ekonomi yang semakin baik dengan banyaknya wisatawan baik dalam negeri dan asing yang datang berkunjung yang tentu saja akan membelanjakan uangnya ditempat tujuan. Kemajuan ini juga menyebabkan industri pembuatan pesawat terbang dalam negeri juga menggeliat. Melalu IPTN sekarang PTDI putra-putri bangsa Indonesia membangun berbagai pesawat penumpang dengan berbagai kapasitas untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Bukan pesawat terbang penumpang saja yang menjadi kebutuhan masyarakat kita, tetapi juga jenis-jenis transportasi udara yang lain, seperti helikopter, pesawat pengangkut barang/kargo, dan pesawat perang. Bahkan kelak mungkin pesawat ruang angkasa.



Comments