Pengaruh Lokasi terhadap Transportasi Air

Pengaruh Lokasi terhadap Transportasi Air

Pengaruh Lokasi Terhadap Transportasi Air - Negara-negara kita adalah negara kepulauan. Tersebar ada ribuan pulau di Indonesia ini. Setiap pulau dipisahkan oleh selat, laut yang menghubungkan antara pulau yang satu dengan pulau yang lainnya. Belum lagi sungai-sungai baik besar maupun kecil dan danau-danau yang hampir ada di setiap tempat di nusantara. Belum lagi samudra Hindia/Indonesia dan samudra Pasifik yang mengapit negara kita. Tidak pelak lagi, negara Indonesia mempunyai perairan yang sangat luas, bahkan luasnya 2/3 atau kurang lebih 70% dari luas daratannya. Dan juga tidak berlebihan kiranya kalau kita menjuluki diri sebagai negara maritim terbesar di dunia.


Lokasi Indonesia yang kita gambarkan seperti di atas tadi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap prilaku kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam segi transportasi air. Mobilitas manusia dan benda/barang  dari suatu tempat ke tempat lain atau dari suatu pulau ke pulau lain membutuhkan sarana dan prasarana transportasi air yang sangat besar. Sampan, perahu, kapal merupakan sarana transportasi yang biasa digunakan di air. Karena besarnya kebutuhan akan alat atau kendaraan angkut air inilah maka pemerintah menggalakkan kegiatan industri perkapalan dalam negeri seperti PT. PAL yang dimiliki negara dan industri-industri perkapalan yang ditangani oleh swasta. Maka Indonesia pun mampu membuat kapal-kapal penumpang dengan kapasitas besar, bahkan kapal perang untuk menjaga kedaulatan perairan nusantara.

kita harus berbangga tidak setiap negara mampu di bidang industri perkapalan ini, namun bangsa Indonesia sejak jaman nenek moyang kita dahulu sudah mampu membuatnya. Bukti kehebatan nenek moyang kita dahulu adalah dapat dilihat dari keterampilan masyarakat Bugis Sulawesi dalam mengembangkan teknologi perahu layar. Teknologi perahu layar yang dikenal dengan kapal Pinisi terkenal ke berbagai negara dan mampu digunakan untuk mengarungi samudra ke berbagai wilayah Indonesia dan luar negeri. Di Makasar, Sulawesi Selatan, terdapat Museum Pinisi yang dapat anda kunjugi untuk mengetahui sejarahnya.

Apabila dalam transportasi darat banyak diperlukan jalan raya, maka dalam transportasi air yang lebih banyak diperlukan adalah sarana berupa dermaga dan pelabuhan. Pelabuhan Lembar di Lombok dan Pelabuhan Padangbai di Bali merupakan pelabuhan tempat bersandarnya kapal-kapal dan penumpang yang menuju ke Lombok atau ke Bali. Sedangkan dermaga tempat bersandarnya perahu dan penumpang yang ada di sungai.

Sungai-sungai di Indonesia, seperti Sumatra, Kalimantan, dan Papua, banyak yang dapat dilalui oleh kapal-kapal kecil dan kapal-kapal besar. Jadi selain tranpsortasi laut, di beberapa wilayah di Indonesia terdapat transportasi sungai. Sarana transportasi air melalui sungai telah berjalan sejak zaman dahulu. Sarana transportasi sungai mampu menghubungkan antar daerah di suatu pulau di Indonesia. Transportasi air tidak hanya untuk mobilitas manusia saja tetapi juga dari dulu digunakan untuk distribusi barang dalam kegiatan perdagangan.

Salah satu kota di Indonesia yang sampai sekarang menganggap transportasi sungai sebagai salah satu transportasi utama adalah kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan. Kota ini berada dekat muara Sungai Barito. Sungai Barito merupakan prasarana transportasi penting di Kalimantan Selatan. Sungai tersebut menghubungkan kota Banjarmasin dengan daerah-daerah lain di Kalsel, bahkan terhubung sampai ke Kalimantan Tengah. Banjarmasin merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sangat banyak sungainya, sehingga memperoleh sebutan “kota seribu sungai”.

Kesimpulan

Pengaruh lokasi terhadap transortasi air di Indonesia sangat besar peranannya dalam kehidupan masyarakat. Transportasi air merupakan transportasi yang paling besar pengaruhnya dalam menghubungkan antar pulau di Indonesia bahkan hubungan dengan luar negeri sejak ribuan tahun yang lalu. Lagu nenek moyangku seorang pelaut adalah lagu untuk menggambarkan kehebatan nenek moyang kita dalam mengarungi samudra. Dan nyata bagi kita, perairan bukan sebagai pemisah antar pulau, tetapi menjadi jembatan penghubung antar pulau.


Comments