Home » » Kebutuhan Manusia

Kebutuhan Manusia

Pengertian Kebutuhan Manusia

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk mempertahankan hidupnya serta memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Kebutuhan manusia senantiasa berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Perkembangan ini tampak pada pola/sikap manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang cenderung dipengaruhi oleh statusnya dalam kehidupan bermasyarakat, tidak lagi semata-mata untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani, tetapi lebih mengarah kepada sebuah prestise atau gengsi. Pola hidup yang demikian itu akan mengarah ke arah prilaku konsumtif. Prilaku konsumtif ini akan menyebabkan semakin besarnya dan beragamnya kebutuhan manusia.

Kebutuhan manusia menuntut untuk dipenuhi dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dan di samping itu untuk memenuhi tingkat kepuasannya. Namun keterbatasan faktor-faktor sumber daya yang ada, seperti terbatasnya sumber daya alam, sumber daya manusia dalam skill, modal dan kewirausahaan, menyebabkan tidak semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi. Kesenjangan antara jumlah barang dan jasa yang ada dengan besarnya kebutuhan manusia menyebabkan timbulnya kelangkaan barang dan jasa.

Kalau kelangkaan barang dan jasa ini terus terjadi akan menyebabkan permintaan barang dan jasa semakin tinggi, sehingga berpengaruh terhadap harga dan daya beli masyarakat dan berdampak secara luas terhadap menurunnya tingkat perekonomian suatu negara. Untuk itu masalah kebutuhan manusia dan kelangkaan ini harus segera ditekan dan dikendalikan. Ada berbagai macam cara untuk mengatasi ini di antaranya, yakni: dengan skala prioritas kebutuhan, menggali dan mengolah sumber daya yang ada, meningkatkan skill sumber daya manusia untuk memproduksi barang dan jasa, serta membuat berbagai barang alternatif atau barang subtitusi untuk mengganti dan menambah barang dan jasa yang sudah ada.

Secara umum faktor-faktor penyebab kelangkaan adalah:
1. Sumber daya alam yang terbatas
2. Ulah negatif dan keserakahan manusia terhadap kekayaan alam
3. Rendahnya sumber daya manusia
4. Tingginya tingkat pertumbuhan manusia tidak diiringi dengan ketersediaan barang dan jasa yang ada
5. Mesin-mesin produksi yang masih kuno atau tidak memadai untuk melakukan produksi

Sekian dulu, Insya Allah lain waktu kita akan lanjutkan kembali. Terima kasih telah membaca artikel dengan tema "Kebutuhan Manusia" ini, dan terima kasih atas kunjungannya. Semoga memiliki manfaat yang besar. Aamiin.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 12/16/2013

0 komentar:

Post a Comment