Home » » Cara Sederhana dan Ampuh Meningkatkan Kinerja Komputer

Cara Sederhana dan Ampuh Meningkatkan Kinerja Komputer

Cara Sederhana dan Ampuh Meningkatkan Kinerja Komputer
Assalamu’alaikum Wr Wb.
Berikut ini adalah cara-cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk mempercepat kinerja komputer milik anda. Cara ini sering saya gunakan tatkala merasakan kinerja laptop saya terasa lambat sekali. Lambatnya komputer atau laptop yang sedang kita gunakan bisa sangat menjengkelkan apalagi pada saat kita terburu-buru untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Saya yakin bahwa banyak dari pembaca sekalian yang tahu tentang ini, karena cara-cara ini merupakan cara yang umum yang digunakan oleh siapa pun yang memiliki komputer / laptop. Tapi mungkin sering diabaikan karena banyak softwere gratis dan lebih memilih atau hanya menggunakan softwere itu untuk meningkatkan kinerja komputer.
Cara ini optional saja, tentu banyak cara lain yang mungkin lebih baik. Cara ini merupakan pengalaman dari saya sendiri dan untuk sementara saya anggap ini adalah cara yang terbaik. Hehe... kurang lebihnya dimaafkan saja! 

Baiklah berikut ini adalah cara-caranya:
Keterangan: Cara-cara di atas itu tidak mesti harus dilakukan secara berurutan, yang mana saja boleh didahulukan tergantung anda sendiri.
1. Lakukanlah depragment secara berkala (mungkin setiap 1 minggu sekali) dengan tool yang sudah disediakan oleh sistem komputer anda. Mungkin ada yang belum tahu caranya? Caranya sebagai berikut: buka windows explore|Arahkan pointer mouse ke local disk C klik kanan di situ|pilih/klik Properties|pilih Tools|lalu klik Defragment now. Atau bisa juga dengan klik Start|All Program|Accesories|pilih system tools
2. Lakukan juga disk clean up untuk membersihkan junk-junk file setelah anda menggunakan komputer. Cara membuka toolnya juga sama dengan di atas. Cuma bedanya Disk Cleanup letaknya di local disk (C) properties ada dibagian tab “General” tidak dibagian Tools seperti Defragment.
3. Lakukanlah refresh beberapa kali (terserah), setiap kali anda akan mematikan komputer.
4. Jangan lupa untuk merefresh RAM juga. Triknya sebagai berikut:
  • Buka Notepad
  • Copy-Paste script dibawah ini :
FreeMem=(1280000000)
FreeMem=(2560000000)
FreeMem=(5120000000)
FreeMem=(10240000000)
  • Kemudian Simpan dengan format
File Name : RefreshRAM.vbs
Save as type : All Files
  • Klik Save
  • Setelah di simpan lalu kita buka RefreshRAM.vbs setiap kalian ingin merefresh RAM pada komputer/Laptop kalian (sumber: Kampus TI)
5. Aktifkan anti virus di komputer anda, dan lakukanlah scaning secara berkala atau tergantung sesuai dengan kebutuhan anda.
6. Kurangi Icon di dekstop. Teralalu banyak menaruh Icon di dekstop bisa memperlambat loading komputer anda. Jadi taruh Icon dari softwere yang paling sering anda pakai saja.
7. Gunakan wallpaper yang tidak banyak memakan memori alias hindari pemakaian walpaper yang terlalu besar file-nya.
8. Jangan biarkan PC anda tetap hidup selama anda tidak menggunakannya untuk beberapa menit misalnya 10 menit, tetapi amankan komputer anda dengan mengklik Hibernate kalau anda tidak mau men-Shut down nya.
9. Jika anda sering memasang dan menghapus program/softwere bersihkan registry secara rutin. Anda bisa menggunakan softwere CC Cleaner.
10. Me-remove program-program yang ikut ngeload secara otomatis saat menghidupkan komputer/PC. Remove atau hilangkan hanya yang tidak anda butuhkan. Caranya buka start kemudian run lalu ketikan msconfig lalu klik statup kemudian hilangkan centang pada semua program yang tidak anda butuhkan. Anda bisa memunculkan kotak dialog Run dengan menekan [Windows] + R.

Demikian artikel saya tentang “Cara Sederhana dan Ampuh Meningkatkan Kinerja Komputer” sudah selesai saya paparkan. Terima kasih atas kunjungannya dan kesediaannya membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Wassalam
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 6/01/2014

0 komentar:

Post a Comment