Home » » Parameter Apa Saja Yang Digunakan Untuk Mengukur Kualitas Penduduk?

Parameter Apa Saja Yang Digunakan Untuk Mengukur Kualitas Penduduk?

Secara singkat dapat dikatakan, Kualitas Penduduk adalah tingkat kemampuan penduduk dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup yang saya maksudkan di sini adalah kebutuhan hidup yang pokok baik itu kebutuhan akan pangan, sandang, papan, kesehatan, maupun pendidikan. Silahkan dibaca : Pemecahan Masalah Ketenagakerjaan.

Parameter Apa Saja Yang Digunakan Untuk Mengukur Kualitas Penduduk?
Di negara kita tercinta ini, Indonesia, kualitas penduduknya dengan kata lain sumber daya manusianya masih digolongkan rendah sebanding dengan tingkat pendidikan yang masih rendah pula.

Berikut ini parameter-parameter yang digunakan untuk mengukur kualitas penduduk:
1. Tingkat Pendapatan Penduduk
Tingkat pendapatan penduduk merupakan jumlah atau tingkat penghasilan setiap penduduk dalam satu tahun. Pendapatan perkapita ini dipengaruhi oleh besar kecilnya pendapatan ekonomi nasional (Gross National Product) dan pertumbuhan jumlah penduduk. Atau PI = GNP/P.
Keterangan : 
PI = Perkapita Income (pendapatan perkapita)
GNP = Gross National Product (pandapatan nasional kotor)
P = Population (jumlah penduduk)
Pendapatan penduduk yang rendah berakibat pada rendahnya taraf kehidupan dan kesejahteraan penduduk.

2. Tingkat Pendidikan Penduduk
Faktor penentu kualitas atau mutu sumber daya manusia adalah tinggi rendahnya tingkat pendidikan. Pendidikan yang rendah akan menyebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia pula.
Kualitas penduduk akan berpengaruh secara langsung pada kualitas kerja dan hasil produksi. Rendahnya kualitas penduduk akan menghambat kemampuan penduduk dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Baca : Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi.

3. Tingkat Kesehatan Penduduk
Tingkat kesehatan penduduk tercermin dari tinggi rendah tingkat kematian penduduk (angka kematian kasar dan angka kematian bayi); usia harapan hidup, keadaan gizi dan kebersihan lingkungan.Tingkat kesehatan penduduk erat hubungannya dengan dua parameter sebelumnya, yakni tingkat pendapatan dan pendidikan penduduk.

Kesimpulan

Ketiga parameter tersebut saling mempengaruhi satu sama lain dengan cara sebagai berikut : Semakin tinggi tingkat penghasilan maka semakin tinggi pula tingkat pendidikan yang dapat diperoleh penduduk. Dengan tingginya tingkat pendidikan maka kesadaran penduduk akan kesehatan semakin tinggi pula.

Silahkan baca juga : Data-Data Kependudukan



Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 11/24/2014

0 komentar:

Post a Comment