Home » » Pentingnya Riset Pemasaran

Pentingnya Riset Pemasaran

Pentingnya Riset Pemasaran
Dalam dunia pemasaran segala informasi yang berkaitan dengan suatu produk sangat penting untuk diperoleh. Hal ini dimaksudkan untuk kelangsungan hidup produk itu sendiri, dalam artian pengembangan pemasaran. Untuk mendapatkan informasi ini perusahaan atau produsen barang mengadakan suatu riset pemasaran (marketing research).

Dalam penelitian ini perusahaan memerlukan teknik-teknik khusus yang berkaitan dengan teknik penelitian perilaku konsumen terhadap barang yang ditawarkan. Dengan cara ini akan diperoleh berbagai informasi yang dapat dipakai sebagai bahan untuk pengembangan pemasaran, sekaligus promosi. Dengan kata lain, suatu riset pemasaran dapat memberikan kemungkinan bagi menejemen untuk mengambil keputusan yang lebih tepat.

Suatu riset pemasaran memperlihatkan bahwa konsumen banyak yang menikmati minuman 7-up bersama-sama dengan minuman lain. Dengan informasi seperti ini perusahaan dapat melakukan promosi yang menekankan pada 7-up sebagai minuman penyampur karena selain warnanya yang netral (putih), rasanya pun enak bilamana dicampur dengan minuman-minuman sari lainnya.

Contoh di atas menggambarkan beberapa cara tentang betapa pentingnya riset pemasaran diadakan. Selain mengumpulkan informasi, juga dapat mengurangi resiko serta ketidakpastian menejemen.

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN RISET PEMASARAN ?


Menurut Walter B. Wentz dalam bukunya Marketing Research : Management and Method, riset pemasaran didefinisikan sebagai : Pengumpulan dan penganalisaan informasi untuk membantu menejemen dalam mengambil keputusan di bidang pemasaran.

Riset pemasaran merupakan suatu proses yang praktis dimana hasil dari riset pemasaran yang dilakukan nantinya akan memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang akan sukses karena memiliki informasi yang diperlukan. Penelitian pemasaran dapat memberikan bahan ke dalam sistem informasi pemasaran. Dengan demikian riset pemasaran bagian dari suatu sistem.


Sumber rujukan :
Azas-Azas Marketing. Basu Swastha.



Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 12/03/2014

0 komentar:

Post a Comment