Question Students Have

Kegunaan dari metode question students have dalam active learning digunakan untuk mempelajari keinginan dan harapan peserta didik sebagai dasar untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Metode ini menggunakan sebuah teknik untuk mendapatkan partisipasi peserta didik melalui lisan. Hal ini sangat baik digunakan pada peserta didik yang kurang berani mengungkapkan pertanyaan, keinginan dan harapan-harapannya melalui percakapan.

Question Students Have

Nilai karakter yang bisa didapatkan dengan metode ini adalah komunikatif. Komunikatif antara guru dan peserta didik maupun komunikatif antar peserta didik. Pada metode ini guru hendaknya sering bertanya pada siswa yang pasif. Ketika peserta didik yang pasif tersebut tidak mampu menjawab sebuah pertanyaan, guru hendaknya menunjuk peserta didik yang lain atau siswa yang tidak bisa menjawab tersebut diminta untuk menunjuk temannya yang lain untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut. Sehingga diharapkan semua peserta didik akitf dalam proses pembelajaran dan berani untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya.

Prosedur Pelaksanaan question students have sebagai berikut :

1. Bagikan kartu kosong kepada para siswa
2. Mintalah setiap pelajar untuk menulis beberapa pertanyaan tentang suatu materi yang sedang dipelajari.
3. Putar kartu tersebut searah jarum jam. Mintalah setiap peserta didik membaca dan memberi tanda cek pada kartu yang didapatnya, jika pertanyaan yang dibuatya sama dengan pertanyaan temannya.
4. Periksa semua kartu tadi bersama peserta didik dan identifikasi pertanyaan mana yang banyak dipertanyakan. Jawablah masing-masing pertanyaan tersebut dengan cara :
  • Bacakan pertanyaan yang paling banyak ditanya dan tawarkan pada siswa siapa yang mencoba untuk menjawabnya. Kasih reward kepada peserta didik yang berani menjawab pertanyaan tersebut, dengan mengatakan "jawaban yang bagus" atau bonus nilai, meskipun jawabannya kurang tepat. Hal ini akan menamkan karekter "menghargai prestasi" sekecil apapun.
  • Apabila seluruh peserta didik sudah mencoba memberikan jawabannya, Anda sebagai guru luruskan dan lengkapilah jawaban tersebut.
  • Jika Anda kurang menguasai pertanyaan, tundalah untuk menjawabnya dilain waktu. Ini akan menanamkan nilai kesabaran pada peserta didik.
  • Luruskan pertanyaan yang tidak menunjukkan suatu pertanyaan.
Variasi pengembangan dari prosedur question students have adalah :

1. Jika kelas terlalu besar maka bagilah kelas tersebut menjadi sub kelompok dan lakukan intruksi yang sama. Atau kumpulkan kartu dengan mudah tanpa menghabiskan waktu dan menjawab salah satu pertanyaan.
2.  Meskipun meminta pertanyaan dengan kartu indeks, mintalah peserta didik menulis harapan mereka dan atau mengenai kelas, topik yang akan anda bahas atau alasan dasar untuk partisipasi kelas yang akan mereka amati.
3. Variasi dapat pula dilakukan dengan meminta siswa untuk memeriksa dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh kelompok tersebut, sehingga fase ini akan dapat mengidentifikasikan pertanyaan mana yang mendapat jawaban terbanyak, sebagai indikasi penguasaan anak terhadap objek yang dipertanyakan.
(Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Suyadi, M. Pd. I., 2013)






Comments