Negara Maju

Negara maju. Pada masa ini banyak negara yang menjelma menjadi negara maju. Dulu kurang lebih sepuluh tahun yang lalu kita hanya mengenal tujuh negara saja yang menjadi negara maju (enveloved countries). Ketujuh negara itu kemudian tergabung ke dalam G7 (Group Seven). Pada waktu itu satu-satunya negara maju di benua Asia adalah Negara Jepang, dua dari kawasan Amerika Utara yaitu Kanada dan Amerika Serikat, selebihnya dari benua Eropa yakni Perancis, Inggris, Jerman dan Spanyol. Bandingkan dengan sekarang, negara yang dikategorikan sebagai negara maju sudah menyebar keseluruh belahan bumi. Masing-masing benua sudah ada negara yang mewakilinya masuk ke dalam kelompok negara maju. Lalu Indonesia kapan sebagai negara maju ? Setelah negara ini tidak lagi dikorup oleh para pemimpin dan para wakil rakyat yang tidak bertanggungjawab! 

Negara Maju
Salah satu teknologi canggih yang dimiliki negara maju

Pengertian negara maju. Jika kita menilai secara fisik negara maju itu sepertinya memiliki segala yang sangat didambakan oleh negara-negara berkembang. Kita lihat daya beli penduduknya atas barang dan jasa sangat tinggi, secara umum penduduknya hidup penuh kemakmuran dan kesejahteraan dengan penghasilan yang tinggi. Teknologi yang dimiliki juga tinggi, penduduknya rata-rata berpendidikan tinggi setidaknya tidak terdapat penduduk yang buta huruf (semuanya melek huruf), melek teknologi, dan lain sebagainya. Jadi pengertian negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Dengan kata lain negara maju adalah negara-negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Tingkat penghasilan masing-masing penduduknya di atas 10.000 dollar pertahun. Bandingkan dengan negara berkembang, lebih-lebih negara yang belum berkembang (negara terbelakang) yang penduduknya masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan, terlantar dan terbelakang dengan tingkat buta huruf yang tinggi dibandingkan penduduk yang melek huruf, apalagi melek teknologi. (Baca : Negara Berkembang dan Negara Maju)

Demikian deskripsi singkat tentang negara maju yang dapat kami sajikan pada postingan kali ini. Pada postingan-postingan berikutnya insya Allah kami akan tetap memposting tentang negara maju ini sampai kami rasa cukup sebagai bahan refrensi bagi para pelajar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Comments