Home » » Hukum Permintaan Terhadap Barang

Hukum Permintaan Terhadap Barang

Permintaan terhadap barang tidak lepas dari pengaruh daya beli masyarakat. Jika harga barang naik maka secara signifikan daya beli masyarakat juga menjadi turun dan apabila harga turun maka bisa menyebabkan daya beli masyarakat juga naik. Jadi bolehlah kita mengatakan tinggi rendahnya permintaan secara umum dipengaruhi oleh kondisi harga dan daya beli masyarakat.
 
Di bawah ini kita akan membahas tentang Hukum permintaan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kurva permintaan.
 

Hukum Permintaan

Semakin rendah harga suatu barang, semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikit permintaan terhadap barang tersebut.
 
Di atas telah kita sebutkan bunyi dari hukum permintaan tersebut. Dari hukum demand (permintaan) tersebut jelaslah bagi kita bahwa kenaikan jumlah penjualan terhadap barang berhubungan erat dengan naiknya jumlah permintaan terhadap barang tersebut. Demand akan naik apabila disaat bersamaan diikuti dengan harga yang rendah. Begitu pula sebaliknya, jika harga naik maka demand akan turun, dan akibatnya jumlah penjualan atau omzet akan menurun.
 
Biasanya untuk memudahkan pengamatan terhadap turun naiknya permintaan ini dibuat sebuah daftar permintaan. Daftar permintaan adalah daftar yang berisi gambaran angka-angka tentang hubungan harga dengan jumlah barang yang diminta. Fluktuasi ini akan nampak jelas dan terperinci dalam daftar permintaan sehingga manajemen nanti dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menawarkan produknya.
 
Hanya saja yang perlu diingat, hukum permintaan ini hanya berlaku apabila faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan tidak berubah. Seperti pendapatan masyarakat, intensitas kebutuhan, perubahan selera konsumen, pertambahan penduduk, harga barang pengganti dan pelengkap, serta ramalan masa datang dalam keadaan ceteris paribus atau tidak mengalami perubahan.
 

Kurva Permintaan

 
Berkaitan dengan list demand atau daftar permintaan tadi maka dibuatlah suatu kurva permintaan. Kurva ini sendiri menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang yang diminta. Pada umumnya, bentuk curve of demand ini menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Ini menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan harga barang yang bersangkutan berbanding terbalik atau memiliki slope negatif. Artinya, apabila harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta turun dan sebaliknya.
 
Untuk memudahkan mari perhatikan bagaimana suatu kurva permintaan terbentuk dari daftar permintaan yang ada.
 
Tabel permintaan cabai disebuah kios.

Harga Jumlah yang Diminta
Rp. 2.500,00 150 Kg
Rp. 3.500,00 125 Kg
Rp. 4.500,00 100 Kg
Rp. 5.500,00 75 Kg
Rp. 6.500,00 50 Kg

Maka bentuk kurva permintaannya sebagai berikut:

Hukum Permintaan Terhadap Barang
 
Baca juga : Kebutuhan Manusia
Terima kasih. Semangat terus dalam menuntut ilmu untuk menggapai cita-cita mulya. Bye...
Good Luck for you..
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 11/26/2014

0 komentar:

Post a Comment