Permasalahan Lingkungan Hidup dan Pemecahannya

Permasalahan Lingkungan Hidup dan Pemecahannya

Ketika kita berada di sawah, di hutan, di pantai, dan di gunung. Ketika melihat segala sesuatu yang menghijau dan ketika kita menghirup hawa udara yang segar, dapat kita rasakan betapa butuhnya kita dengan alam, dengan lingkungan hidup yang bersih. Namun keadaan ini berbeda ketika kita berada di daerah perkotaan. Coba kalian bayangkan, apa yang bisa kamu lihat dan kamu rasakan berkaitan dengan keadaan lingkungan hidup? Mungkin yang ada dalam pikiran kita pertama kali adalah panas dengan udara yang sudah tercemar, ditambah lagi dengan kondisi air yang berbau terkena limbah buangan rumah tangga dan industri, dan masih banyak lagi yang identik dengan daerah-daerah perkotaan terutama kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Keadaannya yang demikian bisa jadi disebabkan kurang sadarnya kita dalam menjaga lingkungan kita. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan uraian berikut ini.

A. Pengertian Lingkungan Hidup

Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolalaan Lingkungan Hidup, lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang memengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Hal ini berarti lingkungan hidup mencakup aspek yang sangat luas. Pengertian ini meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Kehidupan manusia tidak akan bisa harmonis dengan alam, jika tidak mau bersahabat dengan lingkungannya, baik dalam lingkungan biotik maupun dalam lingkungan abiotiknya. Sedikit akan kita jelaskan tentang lingkungan biotik dan abiotik ini. Di dalam ekologi, komponen lingkungan hidup dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Mari lihat pengertian masing-masing dari keduanya.
  • Lingkungan Biotik adalah unsur-unsur yang berupa makhluk hidup atau organisme yang terdiri atas makhluk hidup, seperti binatang, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan mikroorganisme.
  • Lingkungan Abiotik adalah segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup yang bukan berupa organisme hidup, seperti tanah, batuan, mineral, gas, air, udara, energi, sinar matahari, dan segala yang tergolong lingkungan abiotik.

B. Permasalahan Lingkungan Hidup

Permasalahan dan kerusakan lingkungan hidup berawal dari terjadinya ledakan penduduk dan perkembangan IPTEK yang begitu pesat. Alam tidak lagi bisa mengimbangi aktivitas dan kebutuhan manusia, sehingga timbul berbagai masalah dan kerusakan lingkungan hidup. Masalah lingkungan hidup disebabkan oleh tiga komponen yaitu manusia, alam, dan pencemaran (polusi). Ketiga komponen tersebut sebagai segitiga kritis.
 
Permasalahan Lingkungan Hidup dan Pemecahannya
Tiga komponen penyebab permasalan lingkungan hidup
Pertambahan jumlah penduduk berakibat bertambah meningkatnya kebutuhan manusia, salah satunya adalah sumber daya alam. Pada pemakaian sumber daya alam ada sisa energi yang tidak terpakai dan berakibat pencemaran. Pencemaran dari sumber daya alam berpengaruh terhadap kehidupan manusia.
Di antara macam kerusakan lingkungan hidup yang bisa langsung kita lihat dan rasakan dampaknya, seperti kerusakan lahan dan hutan, polusi udara, pencemaran air, banjir, erosi, kebakaran hutan, dan pemanasan global. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk selalu peduli dengan kelestarian lingkungan hidup kita, agar tidak terjadi kerusakan-kerusakan tadi. Kita peduli maka alam akan ramah bagi kita. Alam ramah maka kelangsungan hidup manusia akan dapat berjalan dengan indah.

C. Pemecahan Masalah Lingkungan Hidup

Kesadaran akan betapa pentingnya lingkungan hidup bagi kelangsungan hidup manusia masa kini dan generasi yang akan datang, menjadi modal utama dalam menjawab permasalahan ini. Menurut saya ini adalah problem solving yang utama. Pemecahan masalah lingkungan juga dapat kita lakukan melalui pendidikan, terutama pendidikan lingkungan hidup (ilmu ekologi), memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, terutama kepada permukiman perambah hutan agar jangan sampai merusak hutan dalam berladang yang berpindah-pindah, melakukan penghijauan, dan memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku yang terbukti merusak lingkungan. Satu lagi hal yang tampak kecil dan ringan dilakukan tapi sangat efektif dalam mengatasi masalah ini adalah menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah disembarang tempat terutama di sungai dan selokan. INTINYA JAGA DAN KELOLALAH LINGKUNGAN ANDA SEBAIK-BAIKNYA.  Dengan demikian kelestarian lingkungan hidup dapat tercapai. Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup tersebut, harus kita lakukan dengan sungguh-sungguh karena kita menyadari arti pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia.

Kesimpulan:

Dari uraian tentang Permasalahan Lingkungan Hidup dan Pemecahannya di atas, dapat kita simpulkan sebagai berikut:
  1. Berdasarkan pengertian lingkungan hidup menurut Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 aspek lingkungan hidup itu sangat luas, meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Kehidupan manusia dengan lingkungannya, baik lingkungan biotik maupun lingkungan abiotik.
  2. Permasalahan dan kerusakan lingkungan hidup disebabkan oleh ledakan penduduk dan perkembangan IPTEK yang sangat pesat, dimana alam sudah tidak mampu lagi mengimbangi aktivitas dan kebutuhan manusia.
  3. Pemecahan dari semua permasalahan lingkungan hidup ini adalah menumbuhkan kesadaran pada diri kita akan arti pentingnya menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan hidup bagi kelangsungan hidup manusia masa kini dan untuk generasi-genarasi yang akan datang.
 












Comments