PERUBAHAN EKONOMI PADA AKHIR ZAMAN PERTENGAHAN

PERUBAHAN EKONOMI PADA AKHIR ZAMAN PERTENGAHAN
Setelah masa kelam yang menimpa Eropa, yang berlangsung selama 1.000 tahun sejak abad ke-5, muncul era baru yang disebut zaman modern. Zaman modern di awali di Eropa sekitar tahun 1500 Masehi.
Zaman modern awal ini sangat dipengaruhi oleh perubahan-perubahan yang berlaku pada akhir zaman pertengahan, terutama perubahan Ekonomi.

Beberapa perubahan penting pada abad pertengahan yang menyebabkan muncunya era modern ini adalah perubahan ekonomi; sosial; dan politik. Berikut adalah pembahasan mengenai perubahan-perubahan yang terjadi itu.

Perubahan Ekonomi


Beberapa perkembangan penting yang terjadi di benua Eropa pada Zaman Pertengahan dalam menyongsong Zaman Modern, antara lain :
  1. Orang Gasar mulai membuka kawasan-kawasan baru di Eropa untuk dihuni dan menjalankan kegiatan pertanian.
  2. Pedoman yang berpegang pada Perang Salib yang berlaku di Timur Tengah mengurangi pertikaian dan peperangan di kalangan orang Eropa.
  3. Pembukaan tambang emas di Afrika Utara serta pelepasan harta dan kekayaan gereja. Akibatnya simpanan modal menjadi banyak dan menyebabkan perekonomian mulai hidup.
  4. Meningkatnya perdagangan antar bangsa diakibatkan oleh kekuasaan Islam di Afrika Utara.
Perkembangan-perkembangan di atas secara langsung menyebabkan beberapa perubahan di bidang ekonomi. Di antara perubahan ini misalnya membuka areal pertanian yang baru sehingga hasil bahan makanan pun meningkat sebanding dengan luas areal pertanian yang dibuka.

Yang juga tak kalah pentingnya pada perubahan ekonomi ini adalah adanya pengelolaan dan distribusi hasil pertanian dengan baik. Artinya pertanian tidak lagi hanya untuk memenuhi persediaan bahan makanan, tapi sudah mulai dijadikan sebagai komoditi perdagangan sehingga menjadi sumber keuangan yang menguntungkan.

Secara perlahan kesejahteraan masyarakat meningkat seiring dengan perdagangan yang bertambah maju dan transaksi dengan menggunakan uang sudah meluas penggunaannya di masyarakat. Keadaan yang enak ini mungkin mendorong semakin meningkatnya jumlah penduduk.

Munculnya desakan perdagangan yang semakin berkembang pesat, perdagangan jarak jauh atau antar negara mendorong dibukanya pelabuhan-pelabuhan di Eropa. Mulai bermunculanlah kalangan-kalangan pedagang usahawan dan para pemodal. Modal semakin bertambah dan perusahaan mulai berkembang pesat. Hal-hal tersebut di atas inilah yang kemudian menyebabkan pertumbuhan ekonomi di Eropa meningkat pesat.

Demikian ulasan singkat kita tentang perubahan ekonomi yang terjadi pada akhir Zaman Pertengahan dan sebagai awal munculnya Zaman Modern di Eropa.

Lain waktu, Insya Allah kita uraikan juga perubahan-perubahan yang terjadi di bidang lain yang sejalan dengan perubahan ekonomi pada akhir Zaman Pertengahan  yang mendorong munculnya Zaman Modern di Eropa.


Comments