Tanda-Tanda Komunikasi yang Efektif

Tanda-Tanda Komunikasi yang Efektif
Tanda-Tanda Komunikasi yang Efektif - Ketika anda merasa nyambung dalam suatu pembicaraan dengan orang lain, menyenangkan, informatif, tidak monoton dan tidak di dominasi oleh salah satu pihak, maka pada saat itulah komunikasi yang anda lakukan bersama orang lain dikatakan efektif. Berbicara tentang komunikasi yang efektif, di bawah ini kita akan melihat tanda-tandanya.

1. Terjadi saling pengertian

Tanda pertama komunikasi berlangsung dengan efektif adalah adanya saling pengertian di antara komunikator (pembicara) dengan orang yang mendengar atau menerima pesan (komunikan). Ada penerimaan yang cermat dari isi pesan yang dimaksud sehingga dapat mencegah timbulnya salah paham dan mis komunikasi.

2. Menimbulkan Kesenangan

Komunikasi yang baik akan membuat para pelakunya merasa senang untuk berbicara, betegur sapa, berdiskusi dan saling mencurahkan perasaannya masing-masing. Saling menanyakan kabar dan saling mengucapkan salam dapat membuat hubungan menjadi akrab dan menyenangkan.

3. Memengaruhi sikap

Iklan yang ada di media baik cetak maupun elektrik merupakan salah satu dari contoh komunikasi yang berfungsi untuk memengaruhi sikap orang lain. Komunikasi lewat iklan digunakan untuk memengaruhi konsumen agar bersedia membeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Contoh lain dari komunikasi sebagai memengaruhi sikap ini adalah sugesti dan nasehat seorang guru kepada anak didiknya untuk lebih mencintai ilmu.

4. Menciptakan hubungan sosial yang baik

Kita sudah tahu sejak awal bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri dengan baik, dan memiliki tabiat ingin berkumpul dengan orang lain terutama di lingkungannya, karena itu manusia mendapat julukan sebagai makhluk sosial. Salah satu yang menjamin berlangsungnya hubungan sosial ini adalah komunikasi, komunikasi interpersonal yang efektif. Apa yang terjadi jika seseorang tidak dapat menumbuhkan komunikasi interpersonal? Ia akan menjadi agresif, senang berkhayal, ‘dingin’, sakit fisik dan mental, serta menderita flight syndrome, yaitu ingin melarikan diri dari lingkungannya.

5. Menimbulkan tindakan

Ada yang mengatakan tindakan adalah akumulasi seluruh proses komunikasi. Benar sekali pernyataan tersebut. Pernahkah kalian melakukan suatu perbuatan atau tindakan berdasarkan dorongan dan perkataan orang lain? Tentu kalian semua menjawab pernah. Agar komunikasi dapat menimbulkan suatu tindakan, sudah seharusnya kita dapat memberikan sugesti, menanamkan pengertian dan menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

OK, begitulah Tanda-Tanda Komunikasi yang Efektif itu. Tentu kalian sudah mengerti bukan? Atau ada lagi tanda lain-lainnya yang sudah kamu ketehui. Nah, jika ada kombinasikan saja dengan tanda-tanda yang ada di sini, jadi pengetahuan kalian tentang materi di atas bertambah banyak. Sampai Jumpa…


Comments