Syarat-Syarat Terjadinya Hubungan Sosial

Syarat-Syarat Terjadinya Hubungan Sosial
Setelah kemarin saya menguraikan pengertian hubungan sosial, kali ini saya akan membahas tentang syarat-syarat terjadinya hubungan sosial.

Lalu apa saja syarat-syarat terjadinya hubungan sosial tersebut? Baik, mari lihat uraian di bawah ini.

Ada 2 syarat utama yang menjamin bahwa interaksi sosial tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya, yaitu:

1. Adanya Kontak Sosial
2. Terjadinya Komunikasi

Keterangan

1. Adanya Kontak Sosial

Asal kata kontak ini berasal dari bahasa Latin, yaitu cun atau cum yang bermakna bersama dan tango berarti menyentuh. Dengan demikian kita bisa mengartikan pengertian kontak ini dengan bersama-sama menyentuh, saling menyentuh yang dibarengi dengan sentuhan fisik atau jasmani.

Namun pengertian tadi berkembang lebih luas lagi jika kita tinjau kembali dari gejala sosial dan perkembangan teknologi pada dewasa ini. Kontak tidak lagi hanya terbatas dalam pengertian hubungan badaniah saja. Karena itulah kemudian kontak ini dibedakan menjadi barbagai macam.

1) Berdasarkan Proses Berlangsungnya
  • Kontak Primer, yaitu kontak yang terjadi secara langusng. Contohnya bertatap muka, berjabat tangan, berbicara, menggunakan bahasa isyarat, tersenyum, dan lain-lain.
  • Kontak Skunder, yaitu kontak yang tidak dilakukan secara langsung bertatap muka tetapi melalui perantara tertentu. Contoh melalui email, telepon, dan surat.
2) Berdasarkan jumlah orang yang terlibat
  • Kotak antarindividu. Contohnya kontak antara pembeli dan penjual.
  • Kontak antarkelompok. Contoh pertandingan antara Arema melawan Persebaya dalam Liga Sepakbola Indonesia.
  • Kontak antara individu dengan kelompok. Contoh seorang guru mengajar dihadapan murid-muridnya di dalam kelas.
2. Adanya Komunikasi

Di dalam terjadinya hubungan sosial tentu terdapat komunikasi atau pembicaraan yang menyertainya. Komunikasi merupakan bentuk tanggapan atau reaksi seseorang terhadap tindakan tertentu dari orang lain. Dengan kata lain komunikasi akan terjadi jika kontak sosial telah dilakukan, walaupun belum tentu juga komunikasi akan terjadi pada kontak sosial. Lalu apa pengertian dari komunikasi?

Komunikasi adalah hubungan dua arah (timbal balik) antara dua orang yang berperan sebagai komunikator (pemberi pesan) dan penerima pesan. Jadi kalau ada orang tersenyum kepada orang lain dan orang tersebut tidak memberikan tanggapan, maka itu disebut sebagai kontak sosial yang tidak menghasilkan komunikasi.

Komunikasi bisa terjadi secara positif dan negatif. Komunikasi positif apabila terdapat timbal balik dan menghasilkan bentuk kerja sama. Sebaliknya, komunikasi negatif jika orang yang melakukan komunikasi itu mengarah kepada pertentangan atau permusuhan.

Manyambung pembahasan ini dengan pembahasan kemarin, yaitu Pengertian Hubungan Sosial, maka kita dapat menentukan ciri-ciri hubungan sosial, sebagai berikut:
  1. Pelakunya lebih dari satu orang
  2. Mempunyai tujuan-tujuan tertentu
  3. Ada komunikasi, baik dengan bahasa lisan maupun bahasa isyarat
  4. Ada dimensi waktu yang mempengaruhi sikap aksi yang sedang berlangsung.
Demikianlah pembahasan kita tentang syarat-syarat terjadinya hubungan sosial semoga berguna.


Comments