Keunggulan Sumber Daya Perairan di Indonesia

Mengenai keunggulan sumber daya perairan di Indonesia yang akan kita bahas meliputi semua batang tubuh perairan yang ada di permukaan seperti sungai, danau, dan air tanah. Sedangkan untuk perairan laut, saya rasa sudah cukup pada pembahasan-pembahasan sebelumnya tentang keunggulan sumber daya alam pada postingan-postingan sebelumnya di blog ini.

Silahkan dibaca juga Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Non Hayati.

Sekarang, mari kita langsung masuk saja kepembahasan inti kita tentang keunggulan sumber daya perairan di Indonesia ini. Silahkan disimak terus!

Keunggulan Sumber Daya Perairan di Indonesia


1. Sungai


Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak sekali sungai dan anak-anak sungai yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat  untuk pemenuhan kebutuhan air.

Sebelum saya uraikan lebih lanjut, mari kita lihat pengertian dari sungai itu.

Sungai adalah aliran air yang secara alami mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang lebih rendah dan memanjang menuju laut. Pada sebuah sungai ada bagian hulu, tengah, dan hilir dengan ciri masing-masing.
Kebanyakan sungai terbentuk secara alami (proses geologi) dan ada juga yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia yang disebut dengan sungai buatan.

Air sungai yang ada di Indonesia kebanyakan berasal dari air hujan. Curah hujan yang tinggi di Indonesia menyebabkan terbentuknya banyak sungai di Indonesia. Air hujan itu akan mengalir ke wilayah lebih rendah. Tempat yang lebih rendah merupakan lembah atau dataran rendah. Di tempat itulah air berkumpul membentuk aliran air berupa air sungai.

Sungai-sungai yang terbentuk oleh pengikisan air hujan ini, ada yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil. Air hujan ini kemudian mengalir ke laut atau ke danau. Ilmu yang mempelajari tentang sungai disebut potamologi.

Jadi, sungai mempunyai potensi dan manfaat yang sangat besar untuk memenuhi persediaan air bagi semua makhluk hidup, khususnya manusia. Ketersediaan air yang cukup dapat menaikkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat dan juga sebagai modal yang sangat besar untuk meningkatkan pembangunan suatu daerah. Bayangkan kalau tidak ada ketersediaan air pada suatu tempat. Mungkinkah manusia dapat bertempat tinggal dan membangun di tempat tersebut?

Minimnya ketersediaan air saja dapat menjadi sebab keterbelakangan dan kurang atau tidaknya berkembang suatu daerah karena pembangunan tidak dapat dilakukan dengan maksimal dibanding dengan daerah yang cukup ketersediaan airnya.

Tahukah kalian? Peradaban-peradaban maju yang muncul di dunia sejak dahulu kala adalah peradaban-peradaban yang berasal dari daerah pinggiran sungai. Contoh yang terkenal misalnya, peradaban Mesir kuno yang ada didekat sungai Nil.

Di tambah lagi dari dulu bahkan hingga sekarang, pusat-pusat kota dan kerajaan ditempatkan di pinggir sungai, demikian pula pemusatan pemukiman (settlement) berada di sekitar sungai.

Sudah sewajarnyalah kalau negara kita ini beruntung sekali memiliki banyak sekali sungai yang menjadi salah satu keunggulan sumber daya perairan di Indonesia. Kita memiliki banyak sungai-sungai yang seharusnya dapat mendukung perkembangan dan kemajuan bangsa ini.

Bahkan beberapa sungai yang ada di Indonesia dapat dilayari oleh kapal-kapal besar sebagai jalur transportasi angkut baik manusia maupun barang. Perhatikan sungai-sungai di Indonesia dan panjang penggalan sungai yang dapat dilayari.

Keunggulan Sumber Daya Perairan di Indonesia


Di bawah ini beberapa manfaat dari sungai.

a. Sebagai sumber tenaga PLTA
b. Tempat membudidayakan perikanan air tawar
c. Penyedia bahan Industri seperti PDAM
d. Sebagai prasarana lalu lintas atau transportasi sungai
e. Penghasil bangunan seperti pasir dan batu
f.  Untuk Irigasi atau pengairan lahan pertanian
g. Sebagai objek wisata dan olah raga air
h. Penambah kesuburan tanah seperti tanah aluvial.

2. Danau


Danau merupakan wilayah cekungan di daratan yang terisi oleh air. Sumber air yang mengisi danau tidak selalu dari air sungai, tetapi juga bisa dari air hujan secara langsung maupun rembesan dari air tanah di sekitar danau.

Keunggulan Sumber Daya Perairan di Indonesia


Seperti sungai buatan, ada juga danau buatan. Danau buatan dibuat dengan cara membendung sungai, hingga disebut dengan bendungan, waduk, atau reservoir. Ada juga danau yang terbentuk dari bekas galian pertambangan yang kemudian terisi air hujan. Ada juga, danau yang terbentuk akibat cairnya es seperti yang terjadi di pegunungan di Papua.

Di daerah saya – Lombok - juga terdapat danau buatan yang bernama Pandan Dure yang mampu mengairi sebagian besar pertanian di Lombok bagian selatan. Dan juga terdapat danau vulkanik yang sangat terkenal yang disebut Segara Anak yanr terletak di kepundan gunung Rinjani.

Di antara karekter danau adalah jika danau memiliki saluran pembuangan air, maka air danau tersebut adalah air tawar, namun bila danau tersebut tidak memiliki saluran pembuangan, maka airnya asin.

Sebagai negara kepulauan yang besar dan dengan kondisi geologinya, Indonesia memiliki ribuan danau. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup diperkirakan sebanyak 840 danau besar dan 735 danau kecil yang disebut situ. Jumlah ini mampu menampung hingga 500 km3 air atau 72% dari total persediaan air permukaan di Indonesia.

Danau-danau tersebut tersebar di seluruh Indonesia, untuk mengetahuinya lihat tabel di bawah ini.

Keunggulan Sumber Daya Perairan di Indonesia

Danau dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti untuk irigasi, pembangkit tenaga listrik (PLTA), penyedia air bersih untuk rumah tangga, perikanan darat, tempat rekreasi dan objek wisata, sarana olahraga air, dan pengatur tata air atau menampung luapan air hujan untuk mencegah terjadinya banjir.

3. Air Tanah


Air tanah merupakan air bawah permukaan tanah yang mengisi secara penuh ruang antar butir tanah atau pada lapisan jenuh (saturated zone). Gampangnya air mengisi pori-pori batuan dalam lapisan tanah. Jadi sumber air tanah ini adalah hasil resapan (infiltrasi) air di permukaan.

Potensi air tanah tergantung pada faktor: geologi, geomorfologi, dan iklim. Air tanah adalah penyedia utama kebutuhan akan air bersih (minum, masak, mandi dan lain-lain keperluan rumah tangga) bagi manusia, karena kualitasnya yang baik dan tersimpan di tempat yang aman.

Potensi air tanah yang tinggi terdapat di lereng-lereng pegunungan, wilayah cekungan, dan dataran aluvial.
Air tanah yang sering dimanfaatkan oleh manusia terutama yang berada dalam batuan akuifer. Kondisi air tanah sangat tergantung pada sifat akuifer di mana air itu berada. Akuifer lapisan batuan pembawa air, seperti pasir dan kerikil.

Baca juga: Peran SDA Non Hayati Terhadap Pembangunan.

Itulah beberapa atau sebagian dari keunggulan sumber daya perairan di Indonesia yang dapat saya sebutkan di blog ini. Negara kita, memiliki perairan yang sangat melimpah dengan potensi yang sangat besar, karena itu sebagai anak bangsa kita harus mensyukurinya.


Cara kita mensyukuri nikmat yang besar ini adalah dengan cara menjaga kelestarian, kebersihan dan tidak memanfaatkannya secara sembarangan. Janganlah membuang sampah atau limbah sembarangan, karena dapat menyebabkan kualitas air menjadi buruk (tercemar), dan jangan menebang pohon secara liar, karena pepohonan penting untuk serapan air.


Comments