Fungsi dan Peran Keragaman Budaya

5 Fungsi dan Peran Keragaman Budaya


Artkiel ini adalah sebagai kelanjutan dari artikel saya sebelumnya. Pada artikel tersebut telah kita singgung sedikit tentang Fungsi dan Peran Keragaman Budaya yang kita contohkan berupa tarian daerah di Indonesia.

Silahkan simak Fungsi dan Peran Keragaman Sosial Budaya.

Keberagaman Budaya Indonesia

Bahwa kita telah mengatakan tarian daerah tidak hanya sekedar tontonan yang menghibur saja, tapi lebih dari itu tarian adalah bagian dari keberagaman budaya yang mempunyai pesan-pesan nilai moral dan keagamaan yang dapat menginspirasi dan dapat diteladani oleh setiap elemen masyarakat kita.

Dan untuk pembahasan kali ini, kita akan melihat apa saja fungsi dan peran dari keragaman budaya tersebut bagi bangsa Indonesia.

Adapun fungsi dan peran keragaman budaya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai daya tarik bangsa asing


Sebagai salah satu negara tujuan wisata dunia, maka keragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia adalah modal yang sangat berharga sebagai daya tarik bagi para wisatawan manca negara untuk datang mengunjungi Indonesia.

Karena menyadari pentingnya hal tersebut, setiap daerah berbenah diri untuk menghidupkan dan menampikan bagian-bagian khas dari kultur mereka kepada para wisman dan wisatawan domestik.

Berbagai atraksi dan promosi budaya sering dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah masing-masing. Bali contohnya. Selain terkenal dengan keindahan panorama alamnya, Bali juga terkenal dengan kekayaan budaya dan adat istiadatnya. Kedua perpaduan kekayaan (keindahan alam dan kultur) inilah yang menjadi sebab membeludaknya turis ke tempat tersebut.

Tempat-tempat wisata lain seperti di Sumatra, Jawa, Sulawesi dan daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia juga melakukan yang sama dengan Bali dan menunjukkan kelbihan dan kekhasan masing-masing. Sebut saja Lombok yang terkenal sebagai daerah seribu masjid menonojolkan wisata halal sebagai ikonnya dan juga sudah sangat terkenal sampai manca negara.

Kenapa produk wisata menjadi primadona?

Kegiatan pariwisata adalah salah satu usaha untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk dan membantu kegiatan perekonomian rakyat, seperti produk aneka barang dan jasa, hotel, losmen, kuliner dan sebagainya.

Baca Keuntungan Pariwisat Indonesia.

2. Mengembangkan kebudayaan nasional


Dengan memiliki keanekaragaman budaya daerah maka dengan sendirinya akan membentuk sebuah budaya yang diakui oleh seluruh elemen bangsa yang disebut dengan kebudayaan nasional.

Kebudayaan nasional adalah suatu kebudayaan yang didukung oleh sebagaian besar warga suatu negara, dan memiliki syarat mutlak bersifat khas dan dibanggakan, serta memberikan identitas terhadap warga.

Sementara pengertian dari budaya nasional adalah budaya yang dihasilkan oleh masyarakat bangsa tersebut sejak zaman dahulu hingga kini sebagai suatu karya yang dibanggakan yang memiliki kekhasan bangsa tersebut dan memberi identitas warga, serta menciptakan suatu jati diri bangsa yang kuat.

Contoh dari sebuah hasil buday yang akrab dengan kita adalah batik. Setiap daerah di Indoneisia memiliki produk batik tersendiri dan dengan corak khas yang berbeda. Karena itu batik dijadikan sebagai pakaian nasional. Inilah yang disebut dengan budaya lokal menjadi budaya nasional.

3. Tertanamnya sikap toleransi


Menurut saya, Karena adanya perbedaan-perbedaanlah manusia menjadi saling mengenal dan bahwa tanpa adanya perbedaan manusia tidak mungkin tahu caranya bersikap menghargai/tolerani terhadap orang lain.

Demikian pula halnya yang menyangkut beragamnya budaya yang ada di Indonesia. Setiap suku mempunyai budaya yang berbeda-beda yang harus bisa saling menghargai dan menghormati demi utuhnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Supaya dapat menghormati dan menghargai budaya lain dengan baik, maka kita harus tahu dan mengenal budaya dari suku lain tersebut.

Kita tahu, setiap suku atau daerah ingin mengembangkan kebudayaan masing-masing untuk dikenal oleh suku atau daerah lainnya. Kalau setiap suku sudah bisa saling menghargai, maka akan muncul sikap kebersamaan untuk saling memberikan kesempatan kebudayaan lain untuk berkembang.

Dengan kata lain kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia mempunyai edukasi/pendidikan positif terutama dalam menanamkan sikap toleransi masyarakat Indonesia.

4. Saling melengkapi hasil  budaya


‘Tidak ada suatu apapun yang sempurna di dunia ini’. Demikianlah ungkapan yang di amini oleh semua orang.

Demikian pula dengan budaya dan kebudayaan yang datang dari hasil pemikiran dan kreativitas manusia, tentu tidak ada yang sempurna pula. Ketidaksempurnaan inilah yang mendorong timbulnya kebutuhan kepada yang lainnya untuk bisa saling mengisi dan melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada hingga menghasilkan inovasi budaya baru yang sangat berharga.

Contohnya: Batik. Pada mulanya batik ini adalah kerajinan khas masyarakat Jawa Tengah dengan motif Jawa. Tapi kemudian batik ini berinteraksi dengan budaya-budaya lain di luar Jawa akibatnya motif batik sekarang banyak coraknya tergantung daerah mana yang membuatnya.

Contoh lainnya, musik keroncong. Musik ini merupakan hasil perpaduan antara musik pop Spanyol dengan musik Melayu. Contoh ini juga sekaligus dapat menjadi contoh no 5 di bawah.

5. Mendorong Inovasi Kebudayaan


Inovasi kebudayaan terjadi karena pembelajaran dari kebudayaan yang berlangsung terus menerus dalam sekian lama untuk memperoleh kemajuan dan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.
Inovasi bermakna perubahan atau pembaharuan dari sesuatu yang sudah ada dan berkembang sebelumnya. Ini bisa disebabkan karena adanya asimilasi atau akulturasi dua atau lebih kebudayaan.

Contoh.kebudayaan berupa teknologi pertanian yang telah diwariskan nenek moyang. Setiap masyarakat memiliki cara bercocok tanam yang kadang berbeda. Perbedaan ini tentu didasari oleh berbagai penyebab. Dengan terjadinya komunikasi kebudayaan cara bertani, maka akan memperbaiki kebudayaan yang telah berkembang.

Catatan:

Hasil kebudayaan berupa bentuk-bentuk pakaian adat, lagu daerah, tarian daerah, rumah adat, alat musik, seni pertunjukan, upacara adat, aturan dan tata cara perkawinan, senjata tradisional dan lain sebagainya. Berbagai macam hasil kebudayaan inilah yang kita sebut sebagai kekayaan keragaman budaya Indonesia.

Demikianlah artikel yang membahas Fungsi dan Peran Keragaman Budaya yang dapat saya sampaikan pada para pembaca budiman sekalian. Kurang lebihnya mohon dimaafkan dan sampai jumpa pada artikel-artikel saya selanjutnya. Terima kasih.


Anda dapat merujuk sebagian isi dari materi di atas pada Buku Pegangan Siswa IPS Terpadu kelas VIII/2 K-13 yang diterbitkan oleh Kemendikbud tahun 2014.


Comments