Home » » Prosedur Membangun Tim

Prosedur Membangun Tim

Prosedur Membangun Tim
MembangunTim merupakan salah satu metode pembelajaran yang terdapat pada Active Learning atau pembelajaran aktif. Metode ini sangat baik untuk membangun karekter peserta didik, seperti kerja sama, kepedulian sosial, cinta damai, komunikatif, demokrasi, dan toleransi yang sangat tinggi.

Adapun prosedur untuk menerapkan metode membangun tim bermuatan karekter dalam pembelajaran ini sebagai berikut:
1. Buatlah 6 sampai 10 pertanyaan deskriptif untuk melengkapi frase tertentu. Contoh carilah teman yang mempunyai karekter berikut ini:
  • Senang menggambar
  • Mengetahui apa yang dimaksud rebounding
  • Berperilaku baik
  • Telah mengerjakan PR
  • Memiliki semangat yang kuat dalam belajar, dan lain-lain.
Pelaksanaan intruksi di atas akan mirip seperti perburuan binatang. Ketika guru memberikan instruksi dengan berkata “mulai” maka peserta didik akan mengelilingi ruangan dengan mencari orang-orang yang cocok dengan pernyataan ini. Peserta didik bisa menggunakan masing-masing orang hanya untuk sebuah pernyataan, meskipun dia memiliki kecocokan lebih dari satu. Kemudian setiap peserta didik diminta menulis nama-nama orang yang cocok tersebut. Ketika kebanyakan peserta didik telah selesai, beri tanda “stop berburu” dan kumpulkan kembali ke dalam kelas.

2. Guru dapat menawarkan sebuah hadiah penghargaan kepada peserta didik yang selesai pertama kali. Namun yang lebih penting adalah menyurvei kelas tersebut. Kembangkan diskusi singkat tentang beberapa bagian yang mungkin merangsang perhatian dalam topik pelajaran.

Adapun variasi pengembangan strategi pembelajaran membangun tim bermuatan karekter adalah :

1. Hindari persaingan dengan cara mengalokasikan cukup waktu bagi semua peserta didik untuk menyelesaikan perburuan mereka, karena hal ini hanya akan membuang waktu sia-sia.

2. Perintahkan peserta didik untuk menemukan teman-temannya dan mencari tahu seberapa banyak kecocokan yang bisa didapatkan oleh peserta didik. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah sistem kerja sama atau belajar kelompok.

Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter
Suyadi, M.Pd.I
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 10/26/2014

0 komentar:

Post a Comment