Prosedur Metode Pembelajaran TV Commercial

Prosedur Metode Pembelajaran TV Commercial
Pada pembahasan kali ini kita akan membahas prosedur atau langkah-langkah penerapan netode TV Comercial dalam pembelajaran active learning.
Apa itu metode pembelajaran TV Commercial?
TV Commercial adalah metode pembelajaran dalam active learning dengan cara mengemas materi pelajaran sesulit apa pun menjadi bahasa “iklan komersial” semudah mungkin. Misalnya peserta didik diminta membuat iklan komersial tentang mata pelajaran tertentu. Sekedar contoh, “Belajar Matematika se-asyik Minum Fanta”. Untuk lebih jelasnya silahkan baca : Pembelajaran Aktif dan Metode-Metode Dalam Pembelajaran Aktif.
Adapun prosedur atau langkah-langkah dalam menerapkan metode TV Commercial adalah sebagai berikut:
a. Pecahlah kelas dalam kelompok-kelompok kecil yang tidak lebih dari 4 – 6 peserta didik.
b. Mintalah kelompok-kelompok tersebut membuat iklan TV 30 detik yang mencerminkan inti pelajaran sebagaimana dicontohkan di atas.
c. Iklan hendaknya berisi sebuah slogan atau visualisasi (misalnya, kata-kata imajinatif dan gambar-gambar animasi kreatif), atau bahkan bisa gabungan keduanya, yakni slogan yang divisualisasikan dengan animasi-animasi kreatif. Akan lebih baik jika kalimat-kalimat iklan itu berisi rumus-rumus penting yang paling sering digunakan dalam memecahkan soal-soal kimia maupun mata pelajaran yang lain. Misalnya, “Ingat Air mengalir, Ingat Archimedes”. Iklan ini merupakan salah satu cara untuk mengingat hukum Archimedes yang menyatakan bahwa air mengalir selalu ke bagian yang paling bawah.
d. Jelaskan bahwa konsep umum atau outline iklan tersebut sesuai dengan maksud yang dituju. Namun jika tim ingin memerankan iklannya, hal tersebut baik juga.
e. Sebelum masing-masing tim mulai merencanakan iklannya, maka diskusikana karekteristik dari beberapa iklan yang saat ini terkenal untuk merangsang kreatifitas (misalnya penggunaan sebuah kepribadian terkenal, humor, perbandingan terhadap persaingan, daya tarik musik dan sejenisnya).
f. Mintalah masing-masing tim untuk menyampaikan ide-idenya. Pujilah kreatifitas setiap peserta didik.
Variasi pengembangan strategi pembelajaran TV Commercial bermuatan karekter tersebut adalah :
a. Mintalah setiap tim menciptakan iklan-iklan cetakan sebagai pengganti iklan-iklan TV. Jika memungkinkan suruhlah mereka benar-benar membuat iklan dalam video tape recorder.
b. Undanglah setiap tim agar mengiklankan bakat atau sekolah mereka ketimbang materi pelajaran.
dari buku :Strategi Pembelajaran Pendidikan Karekter. by: Suyadi, M. Pd. I
Ok, demikian prosedur-prosedur penerapan metode belajar TV Commercial sudah kita bahas.
TERUS SEMANGAT DALAM MENDIDIK DAN MENGAJAR ANAK-ANAK BANGSA !!
HORMAT KU UNTUK BAPAK DAN IBU GURU SEKALIAN !
Labels: Metode Pembelajaran

Thanks for reading Prosedur Metode Pembelajaran TV Commercial. Please share...!

0 Comment for "Prosedur Metode Pembelajaran TV Commercial"

Back To Top