Kesalahan Pemahaman Tentang Pemasaran
Banyak orang memberikan pengertian yang salah tentang pemasaran.
Mereka masing-masing beranggapan konsep pemasaran sesuai dengan bidang usaha
yang sedang digelutinya, misalnya seorang penjual membicarakan pemasaran, tetapi
sebenarnya masalah yang dibicarakan adalah penjualan, seorang menejer periklanan
mengartikannya sebagai periklanan, seorang menejer toko serba ada mengartikannya
sebagai perdagangan atau perdagangan eceran. Jadi, sebenarnya mereka hanya
membicarakan satu bagian saja dari kegiatan pemasaran secara keseluruhan.
Istilah pemasaran sering dikacaukan dengan istilah-istilah
penjualan, perdagangan, dan distribusi misalnya, padahal pengertian dari
pemasaran memiliki pengertian yang jauh lebih luas lagi, oleh karena itu ketiga
istilah di atas (penjualan, perdagangan dan perdagangan) merupakan satu kegiatan
atau satu bagian saja dari pengertian pemasaran. Bolehlah kita mengartikan bahwa
pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian: Penjualan, Perdagangan, dan
Distribusi.
Pengertian Pemasaran
Menurut William J. Stanton, yang dimaksud dengan pemasaran
adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan
, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang
dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari pengertian pemasaran William J. Stanton tersebut, kita
dapat membagi-baginya dalam urutan sebagai berikut:
1. Suatu sistem: suatu sistem kegiatan usaha.
2. Dibuat untuk: merencanakan, menentukan harga, mempromosikan,
dan mendistribusikan.
3. Sesuatu yang bernilai: barang dan jasa dapat memuaskan
kebutuhan.
4. Untuk kepentingan: pasar, berupa konsumen rumah tangga yang
ada dan konsumen rumah tangga yang potensial atau pemakai industri.
Keterangan yang terlewatkan:
Penjualan, yaitu satu bagian dari promosi dan promosi adalah satu bagian dari program pemasaran secara keseluruhan.
Perdagangan, yaitu perencanaan produk, meliputi perencanaan untuk mendapatkan barang atau jasa yang baik untuk pasar pada waktu yang tepat, pada tingkat harga yang layak, dan dengan warna serta ukuran yang sesuai.
Distribusi, yaitu struktur perdagangan eceran dan perdagangan besar yang mana saluran-saluran tersebut digunakan untuk menyampaikan barang ke pasarnya.
Distribusi Fisik, yaitu kegiatan aliran-aliran material seperti pengangkutan, penyimpanan, dan pengawasan persediaan.
Keterangan yang terlewatkan:
Penjualan, yaitu satu bagian dari promosi dan promosi adalah satu bagian dari program pemasaran secara keseluruhan.
Perdagangan, yaitu perencanaan produk, meliputi perencanaan untuk mendapatkan barang atau jasa yang baik untuk pasar pada waktu yang tepat, pada tingkat harga yang layak, dan dengan warna serta ukuran yang sesuai.
Distribusi, yaitu struktur perdagangan eceran dan perdagangan besar yang mana saluran-saluran tersebut digunakan untuk menyampaikan barang ke pasarnya.
Distribusi Fisik, yaitu kegiatan aliran-aliran material seperti pengangkutan, penyimpanan, dan pengawasan persediaan.
Kesimpulan
Kegiatan pemasaran merupakan suatu proses usaha yang dinamis
(proses keseluruhan yang terintegrasi), tidak sekedar menunjukkan penggolongan
lembaga dan fungsi-fungsi saja. Pemasaran bukanlah satu kegiatan, ataupun
sejumlah kegiatan tetapi merupakan hasil interaksi dari banyak kegiatan. Inti
dari semua itu, kegiatan-kegiatan di dalam pemasaran, ditujukan untuk memberikan
kepuasan baik penjual maupun pembeli.
Demikian uraian singkat saya tentang "Pemasaran, Pengertian, dan Kesalahan Pemahaman" berkaitan dengan pemasaran, Terima kasih dan terus
ikuti artikel-artikel saya berikutnya. Jangan lupa untuk berlangganan melalui
emai agar anda tidak ketinggalan artikel-artikel menarik lainnya.
Labels:
Dunia Ekonomi
Thanks for reading Pemasaran, Pengertian, dan Kesalahan Pemahaman. Please share...!
0 Comment for "Pemasaran, Pengertian, dan Kesalahan Pemahaman"