Pemasaran, Pengertian, dan Kesalahan Pemahaman

 Kesalahan Pemahaman Tentang Pemasaran


Pemasaran, Pengertian, dan Kesalahan PemahamanBanyak orang memberikan pengertian yang salah tentang pemasaran. Mereka masing-masing beranggapan konsep pemasaran sesuai dengan bidang usaha yang sedang digelutinya, misalnya seorang penjual membicarakan pemasaran, tetapi sebenarnya masalah yang dibicarakan adalah penjualan, seorang menejer periklanan mengartikannya sebagai periklanan, seorang menejer toko serba ada mengartikannya sebagai perdagangan atau perdagangan eceran. Jadi, sebenarnya mereka hanya membicarakan satu bagian saja dari kegiatan pemasaran secara keseluruhan.

Istilah pemasaran sering dikacaukan dengan istilah-istilah penjualan, perdagangan, dan distribusi misalnya, padahal pengertian dari pemasaran memiliki pengertian yang jauh lebih luas lagi, oleh karena itu ketiga istilah di atas (penjualan, perdagangan dan perdagangan) merupakan satu kegiatan atau satu bagian saja dari pengertian pemasaran. Bolehlah kita mengartikan bahwa pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian: Penjualan, Perdagangan, dan Distribusi.

Pengertian Pemasaran


Menurut William J. Stanton, yang dimaksud dengan pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan , menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Dari pengertian pemasaran William J. Stanton tersebut, kita dapat membagi-baginya dalam urutan sebagai berikut:

1. Suatu sistem: suatu sistem kegiatan usaha.
2. Dibuat untuk: merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan.
3. Sesuatu yang bernilai: barang dan jasa dapat memuaskan kebutuhan.
4. Untuk kepentingan: pasar, berupa konsumen rumah tangga yang ada dan konsumen rumah tangga yang potensial atau pemakai industri.

 Keterangan yang terlewatkan:

Penjualan, yaitu satu bagian dari promosi dan promosi adalah satu bagian dari program pemasaran secara keseluruhan.

Perdagangan, yaitu perencanaan produk, meliputi perencanaan untuk mendapatkan barang atau jasa yang baik untuk pasar pada waktu yang tepat, pada tingkat harga yang layak, dan dengan warna serta ukuran yang sesuai.

Distribusi, yaitu struktur perdagangan eceran dan perdagangan besar yang mana saluran-saluran tersebut digunakan untuk menyampaikan barang ke pasarnya.

Distribusi Fisik, yaitu kegiatan aliran-aliran material seperti pengangkutan, penyimpanan, dan pengawasan persediaan.

Kesimpulan


Kegiatan pemasaran merupakan suatu proses usaha yang dinamis (proses keseluruhan yang terintegrasi), tidak sekedar menunjukkan penggolongan lembaga dan fungsi-fungsi saja. Pemasaran bukanlah satu kegiatan, ataupun sejumlah kegiatan tetapi merupakan hasil interaksi dari banyak kegiatan. Inti dari semua itu, kegiatan-kegiatan di dalam pemasaran, ditujukan untuk memberikan kepuasan baik penjual maupun pembeli.

Demikian uraian singkat saya tentang "Pemasaran, Pengertian, dan Kesalahan Pemahaman" berkaitan dengan pemasaran, Terima kasih dan terus ikuti artikel-artikel saya berikutnya. Jangan lupa untuk berlangganan melalui emai agar anda tidak ketinggalan artikel-artikel menarik lainnya.


Comments