Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya

Awan mempengaruhi banyak aspek cuaca. Karena itu awan merupakan salah satu pertanda terbaik keadaan cuaca dalam beberapa hari mendatang. Jika langit diselubungi awan mendung yang gelap, anda tahu hujan lebat akan turun. Kepulan awan putih yang lembut terbentuk pada hari yang panas sertaa cerah dan berarti cuaca mungkin tetap panas dan kering. Terdapat tiga jenis dasar awan : kumulus, berarti menimbun; stratus berartii berlapis; dan sirus, berarti berjumbai. Semua jenis dan bentuk awan yang lain adalah gabungan keanekaragaman ketiga jenis dasar ini. Adalah Luke Howard pada tahun 1803 yang pertama kali mengamati, membagi dan memberikan nama jenis-jenis awan dengan menggunakan bahasa latin, sebagaimana yang digunakan dalam klasifikasi hewan dan tumbuhan. 

Awan Sirus : awan sirus terbentuk tinggi di langit – begitu tinggi hingga air yang terkandung di dalamnya membeku menjadi hablur es. Kadang-kadang awan sirus membentuk awan putih seluruhnya. 

Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya 1

Cuaca awan sirus : awan sirus sering merupakan tanda pertama berakhirnya cuaca baik. Matahari dan bulan seperti di lingkari kalang apabila menyinari melalui lapisan awan sirus. Ini menandakan hujan akan turun tidak lama lagi. (SILAHKAN BACA JUGA : Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi)

Awan Kumulus : Awan kumulus berkepul-kepul dengan dasar rata. Awan ini terlihat seperti serpihan yang melayang-layang di langit. Awan ini kadangkala disebut sebagai awan bunga kubis, karen bentuknya yang demikian. Awan kumulus terbentuk akibat gelembung udara panas yang naik yang disebut terma.

Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya 2

Cuaca awan kumulus : Kepulan kecil awan kumulus sering kelihatan pada hari panas. Awan ini lenyap pada waktu malam apabila udara tidak lagi dipanaskan oleh bumi, dan udara panas tidak naik ke langit untuk membentuknya. 

Awan Stratus : Awan stratus terbentuk berlapis-lapis dan boleh menutupi seluruh langit. Di kawasan berbukit, selapis awan stratus sering meliputi bumi dalam bentuk kabut basah. 

Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya 3

Cuaca awan stratus : Awan stratus membentuk jenis awan yang paling murung. Awan ini membawa hujan gerimis atau salju ringan yang terus menerus. 

Mengkalsifikasikan Awan

Terdapat berbagai jenis awan tetapi hanya sepuluh jenis yang telah diklasifikasikan secara resmi. Awan yang terbentuk pada ketinggian berlainan di langit dari ketinggian laut sehingga kira-kira 10.000 m. Awan altitude rendah mempunyai dasar di bawah ketinggian 2000 m, awan altitude pertengahan terbentuk di ketinggian antara 2000-5000 m, sedangkan awan beraltitud tinggi terbentuk di ketinggian di atas 5000 m. 

Berikut ini jenis-jenis awan mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah. 

Awan sirus kadang-kadang disebut ekor kuda, adalah awan yang paling tinggi di langit. Awan ini terbentuk di bagian atas troposfer, di tempat yang paling dingin. 

Sirostratus ialah lapisan awan sirus. Awan ini kelihatan sebagai selendang putih jarang yang tinggi di langit. Awan ini sering menandakan cuaca lembab menjelang tiba.

Awan sirokumulus ialah awan sirus yang bertimbun-timbun. Awan ini mengandung partikel es yang sering membentuk corak seperti sisik ikan dan disebut langit yang berawan sisik. Awan ini membawa cuaca yang berubah-rubah. 

Awan altostratus membentuk lembaran tipis awan berair yang melintasi langit. Awan ini cukup tipis hingga cahaya matahari dapat menyinari lemah melaluinya. Awan ini selalu menandakan hujan akan turun. 

Awan altokumulus ialah campuran es dan air yang teramat dingin. Awan ini terbentuk kepulan pipih berwarna putih dan kelabu, dan kadang-kadang menandakan gemuruh petir yang mengakhiri cuaca panas yang berlarut. 

Mesin jet kapal terbang yang terbang tinggi melepaskan uap air ke udara yang dingin. Uap air ini mengkondensasi dan membeku lalu membentuk ceretan awan tipis yang meleret di langit. Awan ini disebut leretan kondensasi dari kata pengkondensasian. 

Awan kumulus yang lembut terbentuk di tengah lapisan awan. Awan ini biasanya kelabu di bawah tetapi putih berkilau di bagian atasnya. 

Stratokumulus ialah mungkin awan yang paling biasa kita lihat. Awan ini membentuk lapisan rendah kepulan awan bundar berwarna kelabu atau putih. Awan ini dapat membentuk corak yang serupa dan kelihatan seperti bercantuman tetapi selalu berpecah, cahaya matahari dapat menyinar celah-celahnya. 

Awan kumulonimbus kadang-kadang disebut awan andas. Awan ini adalah awan kencang besar berpuncak rata yang memuai dalam kepulan menegak seperti filter dari ketinggian 2000 m hingga ke 15000 m di atas permukaan bumi. 

Awan stratus merupakan awan yang paling rendah, terbentuk pada ketinggian 500 m dari bumi. Adakalanya awan ini lebih rendah daripada itu dan membentuk kabut di bumi. 

Awan nimbostratus dapat menutupi langit dan cahaya matahari seluruhnya, menjadikan hari siang kelihatan gelap. Awan ini senantiasa membawa hujan atau salju (nimbus berarti hujan dalam bahasa latin). 

Demikianlah pembahasan tentang Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya. Artikel ini bersumber dari buku Ensiklopedi Sains Jilid 3, penerbit Aries Lima. Semoga bermanfaat untuk bahan belajar Anda.


Comments