Faktor Pendorong Kerjasama Antarnegara ASEAN

Faktor pendorong Kerjasama Antarnegara ASEAN

Pada artikel kita kali ini kita akan meninjau apa saja faktor pendorong kerjasama antarnegara di kawasan ASEAN sehingga nyambung dengan pembahasan kita sebelumnya tentang Letak dan Posisi Geografis Negara ASEAN, karena pada artikel tersebut kita sempat membahas sedikit mengenai faktor pendorong berdirinya ASEAN ini.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi pendorong tumbuhnya kerjasama antarnegara di kawasan ASEAN.

1.Persamaan dan Perbedaan Sumber Daya Alam 

Persamaan dan perbedaan sumber daya alam menimbulkan interaksi yang saling membutuhkan antara dua negara atau lebih yang mempercepat terjalinnya kerjasama antarnegara untuk mengisi kekosongan yang ada pada setiap negara.

Misalnya, beberapa tahun belakangan ini, Indonesia mengimpor beras dari Thailand sebagai penghasil beras utama di ASEAN, sedangkan Thailand mengimpor komoditas kayu dari Indonesia sebagai negara produsen kayu terbesar di ASEAN.

Dari segi persamaan SDA misalnya, Indonesia dengan negara-negara penghasil minyak bumi mebentuk organisasi bersama bidang pengelolaan minyak bumi secara terpadu.

2.Persamaan dan Perbedaan Wilayah

Walaupun negara-negara ASEAN memiliki letak geografis yang sama seperti yang pernah kita singgun pada artikel sebelumnya, namun tentu saja kondisi wilayah setiap negara-negara itu berbeda-beda. Perbedaan dan persamaan ini tentu saja mendorong negara-negara tersebut menjalin kerja sama untuk menjaga stabilitas dan keamanan kawasan di Asia Tenggara.

3.Perbedaan Perkembangan Teknologi

Kerja sama dalam pengembangan teknologi harus terus dilanjutkan dan ditingkatkan antara negara-negara yang sudah maju teknologinya dengan negara-negara yang masih terbelakang dan berkembang atau antarnegara yang sama tingkat teknologinya. Penyerapan teknologi hendaknya dilakukan menurut-tahapan-tahapan dan kemampuan negara-negara tersebut menyerap teknologi. Tahapan-tahapan ini berbeda-beda pada setiap negara tergantung SDA dan SDM yang dimiliki. Hendaknya negara yang memiliki teknologi yang sederhana dapat memenuhi kebutuhan teknologi tinggi dengan mendatangkan peralatan teknologi dari luar negeri.

Kerja sama teknologi dapat dilakukan dengan transfer teknologi (TOT) terhadap peralatan teknologi yang dibeli oleh suatu negara. Misalnya Indonesia membeli kapal selam dari Korea Selatan dengan perjanjian negara tersebut mau mengajarkan atau mentranfer teknologi pembuatan kapal selam kepada Indonesia.

4.Perbedaan dan Persamaan Budaya

Budaya merupakan salah satu ciri khas suatu negara. Corak hidup sehari-hari penduduk suatu negara identik dengan corak budayanya. Budaya yang unik dapat menjadi potensi yang sangat berharga untuk mendorong kunjungan wisatawan. Budaya dapat menjadi objek wisata yang sangat menarik bagi wisatawan asing.

Perbedaan budaya antarnegara akan mendorong terjalinnya kerja samadi bidang budaya. Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam memiliki kesamaan budaya, yaitu budaya Melayu. Persamaan ini mendorong adanya kerja sama dalam rangka melestarikan budaya Melayu.

Itulah beberapa Faktor Pendorong Kerja Sama Antarnegara ASEAN, semoga bermanfaat!

Labels: geografi

Thanks for reading Faktor Pendorong Kerjasama Antarnegara ASEAN. Please share...!

0 Comment for "Faktor Pendorong Kerjasama Antarnegara ASEAN"

Back To Top