Pluralitas Masyarakat Indonesia

Pluralitas dan Multikultural Di Indonesia


Pluralitas adalah keberagaman atau kemajemukan yang terdapat dalam suatu bangsa atau masyarakat Indonesia yang mendorong tumbuhnya persatuan dan kesatuan. Keberagaman ini di Indonesia dapat kita lihat dari keanekaragaman suku bangsa , agama, ras, etnik, bahasa, adat dan budaya. Keanekaragaman ini memiliki potensi sebagai pemicu timbulnya perpecahan kalau tidak segera disikapi dengan baik oleh setiap elemen atau unsur yang terdapat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

Yang saya maksudkan dengan sikap di sini adalah jiwa pluralisme. Pluralisme adalah siap menerima berbagai elemen yang ada di luar diri atau kelompoknya seperti pluralitas tadi dengan bersikap toleran, memiliki tenggang rasa, menghargai dan menumbuhkan rasa saling percaya-mempercayai di dalam masyarakat plural itu sendiri.

Pluralitas Masyarakat Indonesia

Sikap pluralisme ini akan tumbuh apabila individu atau kelompok di tengah-tengah masyarakat sudah memiliki kematangan kepribadian dan intelektualitas sehingga mampu atau dapat menerima adanya kebebasan dalam beragama, kebebasan berpikir, berpendapat dan lain-lain, yang pada akhirnya akan tercipta sikap toleransi antara pribadi atau antarkelompok.

Kalau semua itu sudah terwujud maka kebinekaan yang ada di Indonesia akan membawa berkah tersendri pada bangsa dan masyarakat Indonesia. Seperti motto yang diidam-idamkan oleh masyarakat Indonesia selama ini, yaitu "Bhineka Tunggal Ika" yang berarti berbeda-beda tetapi hakekatnya satu jua.

Senada dengan pluritas yang kita bahas di atas, di dalam masyarakat kita juga akan sering menjumpai istilah multikultural. Kata multikultural diadopsi dari bahasa Inggris yaitu "multi" yang berarti banyak dan "culture" yang artinya budaya.

Jadi multikultural maknanya, masyarakat yang memiliki banyak kebudayaan. Artinya masyarakat multikultural  adalah masyarakat yang anggotanya terdiri atas berbagai golongan, suku bangsa, ras, agama, dan budaya. Mereka hidup bercampur-baur dalam satu wilayah.

Masyarakat yang multikultural merupakan sumber-sumber nilai yang sangat penting bagi terpeliharanya kestabilan kehidupan masyarakat. Karena walau terdapat perbedaan hak dan kewajiban, masing-masing kelompok tersebut mempunyai nilai-nilai luhur yang dijunjung bersama yaitu perasaan senasib dan sepenanggungan sebagai masyarkat Indonesia, sehingga perbedaan yang ada di junjung tinggi dan sangat dihargai tanpa adanya perbedaan hak dan kewajiban.

Silahkan baca juga Fungsi Keragaman Budaya

Kata kunci yang haruis dimiliki oleh setiap kita atau kelompok dalam masyarakat yang plural demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa adalah memiliki sikap :

  • Toleransi
  • Tenggang rasa
  • Hormat menghormati
  •  Saling menghargai
  • Menumbuhkan sikap salinjg percaya
Demikianlah pembahasan singkat kita mengenai Pluralitas Masyarakat Indonesia, semoga bermanfaat dalam membuka wawasan kita.
Labels: geografi, Sosiologi

Thanks for reading Pluralitas Masyarakat Indonesia. Please share...!

0 Comment for "Pluralitas Masyarakat Indonesia"

Back To Top