Penawaran Individu, Penawaran pasar, dan Kurva Penawaran
Kembali pada kesempatan kali ini kita bertemu kembali dan kita masih akan melanjutkan materi sebelumnya yaitu penawaran dengan sub materi Penawaran Individu, penawaran pasar beserta kurvanya, semoga bermanfaat.
Apa penawaran individu itu?
Ingat orang yang melakukan penawaran adalah orang atau lembaga yang menawarkan barang dan jasanya kepada konsumen bisa berupa individu-individu, lembaga, badan usaha, pemerintah dan lain-lain.
Dengan kata lain mereka yang melakukan penawaran adalah para penjual.
Kalau dikatakan penawaran individu maka itu maknanya yang melakukan penawaran atau menjual adalah satu orang saja.
Jadi penawaran individu adalah jumlah barang yang ditawarkan oleh seorang penjual.
Contoh Aisya membuka toko busana muslim dan menawarkan busananya kepada orang-orang di sekitarnya.
Baca juga: Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Penawaran
Dan apa itu penawaran pasar?
Nah sekarang, jika yang menawarkan busana itu banyak penjual, bukan hanya Aisya dengan toko busananya, maka itulah yang disebut dengan penawaran pasar atau boleh disebut juga penawaran kolektif.
Jadi ada banyak orang, lembaga dan badan yang menawarkan barang yang sama kepada konsumen.
Dengan demikian penawaran pasar adalah keseluruhan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual di pasar. Penawaran pasar ini merupakan penjumlahan dari keseluruhan penawaran perseorangan.
Misalnya penawaran seluruh pedagang busana di pasar atau total keseluruhan penawaran pedagang jeruk di pasar buah.
Pengertian kurva penawaran dan modelnya.
Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan.
Kita telah mengetahui selain harga, ada juga beberapa faktor lain yang memengaruhi jumlah penawaran.
Ini artinya, harga dan faktor-faktor lain itu bisa menyebabkan kurva penawaran berubah dan mengalami pergeseran.
Pergeseran ini, bisa ke kanan jika penawaran mengalami peningkatan dan bisa juga ke kiri apabila jumlah barang yang dijual mengalami penurunan.
Dalam kurva penawaran ada dua hal yang perlu diketahui yakni yang pertama penawaran (berarti keseluruhan dari kurva penawaran) dan yang kedua jumlah barang yang ditawarkan (berarti banyaknya jumlah barang yang ditawarkan pada suatu tingkat harga tertentu).
Ciri umum dari sebuah kurva penawaran adalah selalu mengalami pergerakan ke atas (bergerak naik) dari kiri bawah ke kanan atas atau berslope positif. Ini menandakan adanya hubungan positif antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan.
Maksud di atas, makin tinggi harga maka makin banyak jumlah barang yang ditawarkan (ceteris paribus). Ini dapat kita simpulkan bahwa hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus.
Sesuai dengan bunyi hukum penawaran berikut.
Semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang, maka semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan.
Lihat model dari kurva-kurva penawaran di bawah.
Untuk contoh model-model kurva di bawah akan kita ilustrasikan dengan penawaran buku dari seorang atau beberapa pedagang buku yang ada di pasar.
1.Model kurva penawaran individu
Daftar penawaran buku Bu Erma mula-mula, saat ini, dan saat tahun ajaran baru.
Harga
|
Jumlah Buku yang ditawarkan Bu Erma
|
||
Mula-mula
|
Saat Ini
|
Saat Tahun Ajaran Baru
|
|
5.000
|
125
|
100
|
150
|
4.000
|
100
|
75
|
125
|
3.000
|
75
|
50
|
100
|
2.000
|
50
|
30
|
75
|
1.000
|
20
|
10
|
40
|
Perhatikan kurva di atas!
Kurva di atas menunjukkan kurva pergeseran ke kiri, ini menandakan penawaran buku oleh Bu Erma mengalami penurunan. Namun ketika tahun ajaran baru tiba, penawaran akan mengalami peningkatan dan menyebabkan kurva bergeser ke kanan.
2.Model kurva penawaran pasar
Daftar penawaran pasar
Harga
|
Jumlah Buku yang Ditawarkan
|
Penawaran
Pasar
|
|||
Bu Erma
|
Penjual X
|
Penjual Y
|
dst
|
||
5.000
|
125
|
300
|
250
|
...
|
900
|
4.000
|
100
|
200
|
150
|
...
|
800
|
3.000
|
75
|
100
|
125
|
...
|
600
|
2.000
|
50
|
75
|
100
|
...
|
400
|
1.000
|
25
|
25
|
50
|
...
|
200
|
Lihat pada kolom penawaran pasar. Angka-angka yang terdapat pada kolom itu adalah penjumlahan dari seluruh penawaran buku yang dilakukan oleh para pedagang. Sehingga bentuk kurvanya akan seperti di bawah ini.
3.Penawaran buku pada berbagai tingkatan
Harga
|
Jumlah yang Ditawarkan
|
Titik Koresponden
|
Rp. 3.000,00
Rp. 4.000,00
Rp. 5.000,00
Rp. 6.000,00
Rp. 7.000,00
|
300
450
600
750
900
|
a
b
c
d
e
|
Dari daftar di atas maka model kurvanya akan berbentuk seperti ini.
Dan lihat ilustrasi pergeseran kurva tersebut.
Pada kurva tersebut, garis Supply (S) terdapat lima titik, yaitu a, b, c, d, dan e. Masing-masing titik menggambarkan keadaan tabel penawaran. Misalnya, titik a menggambarkan tingkat harga Rp. 3.000,00 dan jumlah buku yang ditawarkan 300 unit. Titik b menggambarkan tingkat harga Rp. 4.000,00 dan jumlah buku yang ditawarkan berjumlah 450 unit. Begitu seterusnya.
Artikel sebelumnya: Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran
Kurva penawaran menunjukkan kemampuan produsen dalam menyediakan suatu barang. Produsen menawarkan barangnya tergantung dari tingkat harga. Jika harga tinggi maka produsen menawarkan barang dalam jumlah yang lebih besar.
Labels:
Ekonomi
Thanks for reading Penawaran Individu, Penawaran Pasar, Beserta Kurvanya. Please share...!
0 Comment for "Penawaran Individu, Penawaran Pasar, Beserta Kurvanya"