Keunggulan Sumber Daya Energi Indonesia

Keunggulan Sumber Daya Energi Indonesia
Pembangkit Listik Tenaga Panas Bumi (PLTG)

Sumber daya energi merupakan salah satu sumber daya alam non hayati yang banyak terdapat di Indonesia.

Keberadaan sumber daya energi Indonesia ini sangat penting sebagai motor penggerak perekonomian nasional dan sebagai sumber devisa negara.

Keadaan geografi dan geologi Indonesia memungkinkan negara ini memiliki sumber energi yang melimpah. Ini adalah keunggulan dan modal penting untuk mewujudkan pembangunan nasional yang lebih maju di masa depan.

Tentu kalian tahu apa yang dimaksudkan dengan energi, bukan?

Ya, energi adalah tenaga yang menggerakkan segala aktivitas benda dan manusia.

Peralatan seperti mesin, komputer, telepon, lampu, mobil, sepeda motor dan lain sebagainya membutuhkan energi untuk menjalankannya.

Begitu pula ketika menjemur pakaian maka kita memerlukan energi panas dari matahari untuk mengeringkannya.

Tumbuh-tumbuhan bisa hidup dengan baik karena dia menggunakan energi sinar matahari untuk melakukan fotosintesis.

Maka tak pelak lagi energi sangat penting bagi kita untuk melakukan segala aktivitas hidup kita. Semakin maju manusia maka semakin banyak energi yang dibutuhkannya.

Sumber daya energi ini ada yang terbarukan dan ada pula sumber daya energi yang tak terbarukan.

Tenaga air, angin dan panas bumi adalah sumber daya energi yang terbarukan, demikian pula dengan sinar matahari.

Sedangkan uranium, minyak bumi dan gas adalah sumber daya energi yang dapat habis, begitu pula halnya dengan batu bara.

Sumber daya energi yang tak terbarukan ini berasal dari fosil makhluk hidup, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Sumber daya energi yang terbarukan yaitu sumber daya energi yang dapat diperbaharukan dan ketersediaannya melimpah di bumi seperti contoh di atas.

Sebelum dipergunakan sebagai energi, sumber daya energi yang terbarukan ini diolah terlebih dahulu dalam bentuk lain.

Semua sumber daya energi yang melimpah di negara kita ini merupakan keunggulan yang sangat menguntungkan bagi kita. Sekarang mari kita cermati keunggulan sumber daya energi ini bagi negara kita.

Sinar matahari

Tahukah kalian, tidak semua negara di belahan bumi ini, selalu mendapatkan limpah sinar matahari sepanjang tahun, misalnya negara-negara yang posisinya jauh dari garis edar matahari akan mendapatkan sedikit saja dari sinar matahari ini, lebih-lebih negara yang berdekatan dengan kutub.

Bandingkan dengan negara kita, setiap hari (10 – 12 jam) sepanjang tahun Indonesia selalu terkena sinar matahari. Kenapa demikian?

Posisi Indonesia yang berada di Khatulistiwa lah menjadi penyebabnya.

Secara astronomi posisi Indonesia terletak pada garis edar matahari, yakni 60 LU – 110 LS.

Indonesia menjadi negara tropis, artinya Indonesia selalu panas karena limpahan cahaya matahari.

Potensi sinar matahari ini menjadi salah satu keunggulan Indonesia di bidang energi listrik alternatif.

Energi listrik tenaga matahari sangat penting dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai pilihan yang sangat bagus di samping penggunaan energi dari bahan fosil.

Dan energi listrik alternatif ini sangat potensial untuk dimanfaatkan, karena total intensitas rata-rata sinar matahari sebesar 4,5 kWh per meter persegi perhari.

Apa bentuk pemanfaatan energi matahari ini?

Sinar matahari sangat baik dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, maka dibangunlah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Daruba, Morotai, dan Bali.

Sinar atau tenaga matahari juga dimanfaatkan sebagai bahan pengganti bensi dan solar pada kendaraan bermotor. Contoh Mobil surya yang sudah dibuat oleh para pelajar smk di Indonesia.

Peralatan elektronik juga sekarang sudah mulai banyak menggunakan sinar matahari sebagai penggeraknya, seperti jam tangan tenaga surya.

Beberapa lampu jalan dan rumah tangga juga sudah mulai menggunakan tenaga matahari ini.

Angin

Relief Indonesia yang berupa lautan, daratan, pegunungan, lembah dan lain-lain, ditambah dengan limpahan sinar matahari membuat angin selalu berhembus di Indonesia.

Angin berhembus karena perbedaan tekanan udara akibat pencahayaan matahari.

Letak geografis Indonesia menyebabkan angin muson selalu berhembus sepanjang tahun melalui Indonesia.

Letak Indonesia yang juga berada pada garis ekuator (garis lini 00 bumi) menjadi tempat pertemuan sirkulasi Hadley, Walker dan Lokal.

Sirkulasi-sirkulasi tersebut akan mempengaruhi pola pergerakan angin di Indonesia. Potensi ini sangat menguntungkan bagi Indonesia jika di manfaatkan dengan maksimal.

Bagaimanakah cara pemanfaatan tenaga angin ini?

Tenaga angin di manfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Angin.

Beberapa ladang angin, seperti di Jawa, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur  digunakan untuk menghasilkan energi listrik hingga 900 megawatt.

Dan baru ada dua pembangkit listrik tenaga angin yang dibangun yaitu di Papua dan Sulawesi Selatan.

Di samping menguntungkan, kedua sirkulasi (Hadley dan Walker) juga dapat membawa kerugian bagi Indonesia.

Sirkulasi Walker dapat berpengaruh terhadap kejadian El-nino dan La-nina, sedangkan sirkulasi Hadley berpengaruh terhadap iklim lokal di Indonesia.

El-nino merupakan gejala gangguan iklim akibat naiknya suhu permukaan air laut samudera Pasifik sekitar khatulistiwa bagian tengah dan timur.

Akibat yang ditimbulkan perubahan pola angin dan curah hujan yang ada di atasnya, sehingga mengakibatkan musim kering yang berkepanjangan di Indonesia, lebih panjang dari biasanya.

La-nina adalah gejala gangguan iklim akibat mendinginnya permukaan laut samudera pasifik dibandingkan daerah sekitarnya.

Akibatnya di Indonesia terjadi hujan lebat dan banjir di banyak tempat di Indonesia.

El-nino dan La-nina akan berdampak buruk terhadap pertanian. Fenomena El-nino dan La-nina biasanya terjadi setiap empat tahun sekali.

Panas Bumi (Geothermal)

Panas bumi adalah panas atau energi yang terdapat atau tersimpan dalam bumi.

Sumber geothermal berasal dari inti bumi dan magma yang ada dilapisan mantel bumi, serta bisa juga dari sinar matahari yang diserap dan ditahan oleh lapisan bumi.

Mengapa Indonesia memiliki potensi Geothermal yang sangat besar?

Alasannya Indonesia terletak di kawasan cincin api (ring of fire) dunia. Karena banyak memiliki gunung api dan letak geologinya. Kalian tentu masih ingatkan letak geologis Indonesia?

Keberadaan banyak gunung api di Indonesia inilah mengakibatkan tingginya potensi sumber panas bumi di Indonesia.

Banyaknya gunung api ini akibat pertemuaan tiga lempeng tektonik yang ada di Indonesia. Lempeng-lempeng tersebut berperan dalam pembentukan gunung api.


Baca juga: Keunggulan Geologis Indonesia

Pusat panas bumi di Indonesia berjumlah tidak kurang dari 244 lokasi yang tersebar di Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Maluku, Sulawesi, Halmahera, Papua, dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Panas bumi juga dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik sebagaimana halnya dengan air, angin dan sinar matahari.

Jadi geothermal juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk pembangkit tenaga listrik. Pembangkit listik geothermal disebut Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi/Geothermal (PLTG).

Contohnya di Indonesia yang sudah beroperasi adalah PLTG Sibayak, PLTG Dieng, dan PLTG Gunung Salak.


Baca : Pemanfaatan Radiasi Nuklir dan Radioisotop Dalam Kehidupan Manusia.

Keuntungan potensi panas bumi banyak sekali, antara lain: Ramah lingkungan (tidak punya polusi) dan ketersediaannya sangat melimpah di Indonesia.
Labels: geografi

Thanks for reading Keunggulan Sumber Daya Energi Indonesia. Please share...!

0 Comment for "Keunggulan Sumber Daya Energi Indonesia"

Back To Top